Cara Mudah Mengetahui Bakso Mengandung Boraks

Boraks adalah campuran garam mineral konsentrasi tinggi yang dipakai dalam pembuatan beberapa makanan tradisional, seperti karak dan gendar. Sinonimnya natrium biborat, natrium piroborat, natrium tetraborat.Dalam dunia industri, boraks menjadi bahan solder, bahan pembersih, pengawet kayu, antiseptik kayu, dan pengontrol kecoak.
contoh makanan bakso



Belakangan ini sedang marak bakso mengandung boraks,bagi para penggemar bakso wajib tau cara yang satu ini.

Nah, jika kamu penggemar bakso, kamu harus bawa tusuk gigi dan kunyit kemanapun kamu pergi. Apa hubungan tusuk gigi dan kunyit dengan bakso boraks?

Dua siswi SMAN 3 Semarang, Dayu Laras Wening dan Luthfia Adila telah menemukan cara mendeteksi BORAX dengan cara yang sangat mudah dan praktis, yakni dengan TUSUK GIGI.
Temuan mereka ini berhasil menyabet medali emas pada International Exhibition for Young Inventors (IEYI) 2014, sebuah ajang kompetisi inovasi anak.

begini caranya

Tusukkan tusuk gigi ke KUNYIT terlebih dahulu, kemudian tusukkan pada makanan yang akan diuji selama 5 detik, maka akan kelihatan apakah makanan tersebut mengandung BORAX atau tidak. Karena KUNYIT akan bereaksi terhadap bahan kimia. Bila ada kandungan boraxnya, maka tusuk gigi tersebut akan berwarna MERAH. Mereka menamakan temuannya dengan SIBODEX (stick of borak detector).

bahaya boraks

Dalam jumlah banyak, boraks menyebabkan demam, anuria (tidak terbentuknya urin), koma, merangsang sistem saraf pusat, menimbulkan depresi, apatis, sianosis, tekanan darah turun, kerusakan ginjal, pingsan, hingga kematian. Batas aman/legal penggunaan boraks dalam makanan adalah 1 gram / 1 kg pangan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel