Goa Terdalam Di Dunia, Di Yakini Sebagai Pintu Inti Bumi

Ditemukan pada tahun 1960 oleh seorang Geografer Rusia, Alexander Kruber.Adalah Krubera-Voronya yang juga dianggap sebagai "Everest gua". Gua ini terletak di Massif Arabika,  dengan kedalaman yang hingga kini baru dijelajahi manusia adalah adalah total panjang 13.232 meter dengan kedalaman 2.191 meter (7.188 kaki). Tapi belum di ketahui pasti kedalaman akhir dari gua tersebut.
Everest gua




Sejak ditemukan, Gua ini tak pernah menghentikan niat para geologist untuk terus mengeksplorasinya. Belakangan gua ini dikunjungi dan dieksplorasi oleh para penjelajah gua dari Universitas Ibrani, Yerusalem.

Para penjelajah yang terdiri dari Boaz Langford, Leonid Fagin, Vladimir Buslov dan Yuval Elmaliach, yang merupakan utusan dari Asosiasi Speleological Ukraina. Mereka yang berasal dari Rusia, Spanyol, Inggris dan Lebanon ini merupakan bagian dari misi penjelajah gua dari sembilan negara di dunia.

Prof. Amos Frumkin, dari Departemen Geografi di Universitas Ibrani, yang mengepalai unit penelitian gua ini mengatakan bahwa dalam memecahkan rekor dunia untuk eksplorasi sebuah gua terdalam di dunia merupakan sebuah prestasi, mereka telah berhasil menjelajah ke kedalaman 2.196 meter di bawah permukaan bumi, 5 meter lebih dalam dari rekor sebelumnya.

"Eksplorasi gua adalah daerah di mana orang harus bekerja sama, karena turun ke kedalaman membutuhkan banyak kerja sama tim, terutama di sebuah gua serumit Krubera," kata Prof. Frumkin.

Gimana anda berminat untuk menjelajahinya...?

Everest gua

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel