Jahannam, Begini Bentuknya

Tak ada satu orang pun di dunia ini yang menginginkan masuk ke dalam neraka Jahannam. Banyak dari kita telah mengetahui kengerian yang akan diperoleh jika memasuki tempat itu. Maka, tak heran orang jahat sekali pun enggan berada di sana.



Tapi, mengapa kebanyakan dari kita tetap saja melakukan hal-hal yang dilarang oleh Allah dan Rasul-Nya? Mungkin, pengetahuan kengerian tempat itu belum kita ketahui seutuhnya. Untuk itu, kami jelaskan kembali gambaran bentuk dari neraka Jahannam.


Ilustrasi

Dikisahkan dalam sebuah hadis bahwa sesungguhnya neraka Jahannam itu adalah hitam gelap dan pekat, tidak ada cahaya dan tidak pula neraka itu menyala atau terang.

Rasulullah SAW bersabda, “Api kamu ini hanyalah satu bagian dari tujuh puluh bagian api di neraka Jahannam.”

Para sahabat mengatakan, “Yang ini pun sudah cukup berat panasnya.”

Nabi berkata lagi, “Bahkan api neraka itu melebihi sebanyak enam puluh sembilah kali lipat panasnya api dunia.”

Laporkan iklan?
“Api neraka Jahannam telah dinyalakan seribu tahun hingga menjadi merah. Kemudian di bakar lagi selama seribu tahun hingga menjadi putih. Kemudian di bakar lagi selama seribu tahun hingga menjadi legam, seperti malam yang gelap gulita.”

Jahannam memiliki tujuh buah pintu dan pada setiap pintu tersebut terdapat tujuh puluh ribu gunung. Pada setiap gunung tersebut pula terdapat tujuh puluh ribu lereng api dan pada setiap lereng yang terdiri dari api, pada setiap belahannya pula terdapat tujuh puluh ribu lembah dari api.

Di setiap lembah tersebut terdapat tujuh puluh ribu gudang dari api, dan pada setiap gudang itu pula terdapat tujuh puluh ribu kamar dari api, pada setiap kamar itu pula terdapat tujuh puluh ribu ular dan kala, dan setiap kala itu mempunyai tujuh puluh ribu ruas. Pada setiap ruas kala tersebut mempunyai tujuh puluh ribu qullah bisa.

Dikatakan bahwa Jahannam memiliki pula hewan peliharaannya yang siap mengoyak-ngoyak tubuh. Dalam hadisnya disebutkan yang berbunyi, “… jangan mengoyak perasaan orang lain dengan mulutmu, karena kelak engkau akan dikoyak-koyak oleh anjing-anjing neraka Jahannam.”

Sebagaimana firman Allah yang bermakna, “Di neraka itu ada anjing-anjing yang dikiaskan mengoyak badan manusia.” [Islampos]

Sumber: 1001 Siksa Alam Kubur/Karya: Ust. Asan Sani ar Rafif/Penerbit: Kunci Iman

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel