Ini Prediksi Sementara Susunan Kabinet Jokowi

foto: google

Dalam hitungan menit, Jokowi-Ma'ruf Amin akan dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden Indonesia 2019-2024. Prediksi susunan kabinet yang dipimpin keduanya mengemuka. Simak prediksi sementara berikut ini.

Prediksi Menteri di Bawah Menko Polhukam

detikcom melalui program 'Bantu Jokowi Cari Menteri' telah menjaring nama-nama calon menteri pilihan pembaca detikcom alias detikers. Di luar nama-nama calon menteri pilihan detikers, ada juga sejumlah nama menteri yang kemunculannya mengagetkan.

Untuk Menteri Koordinator Polhukam, ada beberapa nama yang menguat. Kandidat Menko Polhukam, ada nama Hadi Tjahjanto, yang saat ini menjabat Panglima TNI, meskipun nama Wiranto dan Moeldoko juga muncul membayangi. detikers sendiri menempatkan Mahfud Md sampai Moeldoko sebagai pilihan teratas.

Untuk posisi calon Mendagri yang cukup kuat adalah Olly Dondokambey, yang saat ini menjabat Bendahara Umum PDIP. Gubernur Sulut ini juga ada dalam daftar calon menteri pilihan detikers. Sementara untuk nama calon menteri luar negeri, kabarnya masih akan diisi menteri incumbent, Retno Marsudi.

Nah, untuk posisi Menteri Pertahanan, ada beberapa nama calon menteri yang muncul baik dari sipil maupun militer. Nama Panglima TNI Hadi Tjahjanto muncul menjadi kandidat terkuat pilihan detikers. Perlu dicatat, dalam dinamika terbaru ada nama Prabowo Subianto, yang meramaikan bursa kandidat Menhan. Sementara itu, untuk calon Menkum HAM, Mahfud Md dan Yusril Ihza Mahendra jadi dua kandidat terkuat pilihan detikers.

Kursi MenPAN-RB sampai saat ini masih abu-abu. detikers menempatkan Gubernur Jatim Tri Rismaharini dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo sebagai kandidat kuat. Untuk calon Menkominfo nama Wahyu Sakti Trenggono kabarnya jadi kandidat, namanya juga ada di daftar menteri pilihan detikers. Nah untuk Jaksa Agung, detikers punya pilihan yang sama kuat dengan isu yang berkembang, yakni Mahfud Md.

Selain itu, ada beberapa nama yang baru muncul dan cukup mengejutkan, seperti tokoh PDIP Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul. Selain itu, nama Ketua TKN Erick Thohir juga sempat jadi kandidat Menhan meskipun diisukan sudah digeser ke posisi lain.

Prediksi Menteri di Bawah Menko Kemaritiman

Nah, untuk kursi Menko Kemaritiman kabarnya akan ditambah wilayahnya menjadi Menko Kemaritiman dan Investasi. Menterinya diisukan tetap Luhut Binsar Pandjaitan.

Kementerian Perhubungan isunya akan diubah namanya menjadi Kementerian Transportasi. Menteri transportasi kabar kuat masih akan diisi calon petahana, yakni Budi Karya Sumadi. Ignasius Jonan, Danang Parikesit, sampai Chappy Hakim jadi calon populer pilihan detikers.

Sementara itu, untuk kursi Menteri ESDM, detikers mengusulkan Arcandra Tahar, Faisal Basri, sampai Dwi Soetjipto. Untuk posisi menteri ini kabarnya memang akan diisi kalangan profesional.

Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup kabarnya tetap akan diisi incumbent Siti Nurbaya Bakar. Sementara pilihan populer detikers adalah Lodewijk Paulus sampai Tri Rismaharini.

Calon Menteri Kelautan dan Perikanan pilihan detikers adalah Marsetio, Rahmat Gobel, sampai Fadel Muhammad. Sementara calon Menteri Pariwisata yang kuat kabarnya adalah Wishnutama, ini sama seperti menteri populer pilihan detikers, selain ada nama Triawan Munaf sampai Abdullah Azwar Anas.

Prediksi Menteri di Bawah Menko PMK

Untuk kursi Menko PMK dipastikan ada nama baru karena Puan Maharani sudah duduk di kursi Ketua DPR RI. Kabar santer menteri berikutnya adalah Ketum Golkar Airlangga Hartarto.

Calon Menteri Agama yang kuat berdasarkan pilihan detikers ialah Said Aqil Siroj, Nasaruddin Umar, sampai Komaruddin Hidayat. Nama kedua isunya berpeluang cukup kuat menjadi Menag.

Sementara itu, untuk calon Mendikbud, nama incumbent Muhadjir Effendy masih jadi opsi karena baru tiga tahun menjabat. Namun ada isu santer Nadiem Makarim juga masuk di kantong presiden. Sedangkan Mendikbud pilihan detikers di luar incumbent adalah Komaruddin Hidayat, Haedar Nashir, sampai Abdul Munir Mulkan.

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi kabarnya akan dilebur ke dalam Kemendikbud, namun belum pasti diumumkan Jokowi. Posisi menteri pilihan detikers sendiri, selain incumbent, ada Ilham Habibie sampai Rhenald Kasali.

Calon Menteri Kesehatan masih berwujud kode, seorang dokter dari Universitas Indonesia. Sedangkan calon Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak kabarnya akan diisi perwakilan dari Papua.

Lanjut ke calon Menpora, kursi ini santer 'diperebutkan' beberapa nama, salah satunya Agus Harimurti Yudhoyono. Calon Menpora pilihan detikers ada Erick Thohir, AHY, sampai Susy Susanti. Mensos kabarnya akan dipertahankan tetap menteri asal Golkar, yakni Agus Gumiwang Kartasasmita. Ada nama Yenny Wahid sampai Bambang Wuryanto (Bambang Pacul) yang kabarnya akan mengisi salah satu kursi di bidang kemaritiman-PMK ini.

Prediksi Menteri di Bawah Menko Perekonomian

Untuk Menko Perekonomian ada beberapa nama kandidat seperti Sri Mulyani yang kini duduk di kursi Menkeu, Airlangga Hartarto yang saat ini menduduki Menperin, Gubernur BI Agus Martowardojo, sampai Mahendra Siregar. Nama Sri Mulyani jadi calon Menko Perekonomian terkuat versi pembaca detikcom.

Para pembaca setia detikcom atau detikers melalui program 'Bantu Jokowi Cari Menteri' telah mengusulkan nama-nama calon menteri. Para calon menteri pilihan detikers bisa disimak selengkapnya di sini.

Posisi Menteri Keuangan kabarnya akan kembali diisi oleh menteri petahana Sri Mulyani. detikers mengusulkan Chatib Sabsri hingga Agus Martowardojo.

Untuk calon Menteri BUMN, nama Ketua TKN Erick Thohir sempat menguat, sementara detikers menempatkan Budi Karya Sumadi disusul Dwi Sutjipto dan Rudiantara. Nah untuk posisi Menteri PPN/Kepala Bappenas kabarnya masih diisi menteri incumbent, Bambang Brodjonegoro.

Menteri Pertanian kabarnya datang dari Gerindra, yakni Waketum Edhy Prabowo. Basuki Hadimuljono kabarnya tetap akan di posisi Menteri PUPR, sementara untuk posisi Menteri Perdagangan dan Menteri Perindustrian masih membayang, diisukan ada Sandiaga Uno menjadi kandidat, namun belum kuat. detikers menjagokan Erick Thohir dan Nadiem Makarim di dua teratas posisi menteri tersebut.

Sementara itu, untuk posisi Menaker, detikers mengunggulkan Budiman Sudjatmiko, Ganjar Pranowo, sampai Saifullah Yusuf. Untuk Kementerian Desa dan PDT kabarnya akan diisi kader PDIP, ada beberapa nama yang menguat salah satunya Bambang Wuryanto (Bambang Pacul). Untuk posisi Kementerian Agraria dan Tata Ruang kabarnya juga masih diisi menteri incumbent. Kursi Menteri Koperasi dan UMKM kabarnya akan diisi istri menteri incumbent AA Gede Ngurah Puspayoga, Gusti Ayu Bintang Darmavati.

Sinyal Kuat Trio Pratikno-Pramono-Retno

Saat menerima tamu negara, Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih didampingi sejumlah figur di Kabinet Kerja Jilid I. Mereka adalah Pratikno, Pramono Anung, dan Retno Marsudi.

Ketiganya hadir saat Jokowi bertemu dengan Sultan Brunei Darussalam Sultan Hassanal Bolkiah, Perdana Menteri Australia Scott Morrison, Perdana Menteri Republik Singapura Lee Hsien Loong, dan tamu negara lainnya. Pertemuan berlangsung hari ini di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Minggu (20/10/2019).

Di Kabinet Kerja, Pratikno menjabat Mensesneg, Pramono sebagai Sekretaris Kabinet, dan Retno sebagai Menteri Luar Negeri. Sampai nanti Jokowi diambil sumpahnya, ketiganya sampai detik ini masih berstatus sebagai menteri.

Saat ini, pertemuan antara Jokowi dan tamu negara masih berlangsung. Pertemuan dibagi dalam dua sesi, sebelum dan setelah Jokowi dilantik sebagai presiden periode 2019-2024

Belum diketahui apakah Pratikno, Pramono, dan Retno akan melanjutkan masa jabatannya masuk kabinet di periode 2019-2024. Namun ketiganya diprediksi masih berada di sisi Jokowi. Seperti Pratikno dikabarkan melanjutkan masa baktinya sebagai Mensesneg. Pramono diprediksi sebagai Mendagri, dan Retno diprediksi tetap sebagai Menlu. (detik)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel