Kampung Akuarium akan Segera Dibangun, Gerindra: Janji Kampanye Anies


Anies Baswedan. (Foto: Beritagar)

Partai Gerindara DKI Jakarta menilai Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan penuhi kampanye membangun Kampung Akuarium. Gerinda mendukung rencana pembangunan tersebut.

"Saya kira, pertama, itu kan janji kampanye. Ya (masyarakat Kampung Akuarium) dibela oleh pemerintah, masa gusur begitu saja," ucap Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta M Taufik saat dihubungi detikcom, Kamis (10/10/2019) malam.

Kampung Akuarium yang sempat digusur oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purmana (Ahok) akan dibangun ulang. Pembangunan tidak dibiarkan sembarangan tapi ditata.

"(Kampung Akuarium) janji kampanye dan saya kira semua orang sepakat. Bahwa yang tadinya digusur nggak ada alasan jelas, dikembalikan lah dengan ditata, dengan pemukiman layak dibuat rumah ke atas," kata Taufik.

Gerindra selaku pengusung Anies, tidak sepakat jika penataan Kampung Akuarium melanggar Perda nomor 1 tahun 2014 tentang Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dan Peraturan Zonasi. Baginya, Kampung Akuarium adalah kawasan pemukiman.

"Di situ kan pemukiman, digusur sama Si Ahok kan. Sekarang masalahnya di bangun untuk mereka yang tinggal di situ. Nggak ada (melanggar), memang pemukiman. Cuma mau ditata," kata Taufik.

Diketahui, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mulai membangun permukiman Kampung Akuarium, pada 2020. Kampung Akuarium sempat digusur oleh Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

"Benar, jumlahnya 142 unit dalam bentuk rumah lapis," ucap Kepala Bidang Pembangunan Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta, Triyanto, saat dihubungi, Selasa (8/10).

Konsep rumah yang akan dibangun adalah rumah lapis. Konsep itu pernah dikenalkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat awal masa jabatannya.

"Tipe 27 m2, rumah lapis itu tingginya maksimal 4 lantai. (Saat ini) lelang DED (Detail Engineering Design)," ucap Triyanto.

Gubernur Anies Baswedan sendiri akan menjadikan Kampung Akuarium menyatu dengan rencana pembangunan kawasan wisata dari Masjid Luar Batang sampai Kota Tua. Dia berjanji tidak akan merusak cagar budaya yang ada di Kampung Akuarium.

"Dari mulai Masjid Luar Batang, kemudian Pelabuhan Sunda Kelapa, kemudian Kampung Akuarium, terus ke bawah sampai ke Kota Tua. Itu sebagai sebuah rangkaian. Jadi pasti (cagar budaya) itu diperhatikan," ucap Anies. (Detik)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel