Heboh Septic Tank Meledak di Cakung, Kenali Jenis-jenisnya


Septic tank ada banyak jenisnya (Foto ilustrasi: Michelle Natasya/detikHealth)

Di daerah Cakung, Jakarta Timur, diberitakan seorang petugas sedot WC meninggal dunia ketika septic tank yang ditanganinya meledak. Petugas berinisial SI tersebut diketahui membakar koran di lubang septic tank untuk membuktikan tidak ada gas tersisa.

Menurut beberapa ahli menyulut api untuk mengecek keberadaan gas di septic tank adalah cara keliru. Peneliti Utama Teknologi Lingkungan di Loka Penelitian Teknologi Bersih LIPI, Neni Sintawardani, menyebut sudah saatnya pemerintah lewat dinas terkait kembali mensosialisasikan pemahaman tentang septic tank kepada warga.

"Mungkin ini saat yang baik bagi dinas terkait untuk mensosialisasikan kembali soal septic tank. Tiap rumah tangga tidak boleh tergantung, misalnya tergantung pengembang. Bahkan ada rumah tangga yang tidak tahu letak septic tanknya," ujar Neni.

Terkait hal tersebut, tahukah kamu septic tank bisa ada beberapa jenis. Dikutip detikcom dari berbagai sumber, berikut contohnya:

1. Septic tank konvensional

Septic tank ini yang biasa digunakan oleh rumah tangga terdiri dari dua kompartemen. Ruangan pertama berfungsi sebagai ruang pembusukan limbah dan tangki kedua sebagai tempat pengendapan lumpur yang tersisa.

2. Septic tank biofilter

Septic tank ini dijelaskan oleh ahli kesehatan lingkungan sekaligus konsultan pengolahan limbah Abie Wiwoho terdiri atas empat kompartemen. Dua kompartemen pertama sama seperti yang ada di septic tank konvensional ditambah dua kompartemen tambahan berisi media yang berfungsi sebagai filter.

Dengan septic tank ini limbah yang dihasilkan bisa lebih jernih karena proses penguraian oleh bakteri dan saringan.

3. Septic tank limbah infeksius

Septic tank limbah infeksius adalah tempat penampungan limbah yang biasanya digunakan oleh rumah sakit. Karena limbah yang dihasilkan fasilitas klinik punya risiko lebih tinggi untuk menyebabkan pencemaran lingkungan maka penanganannya juga khusus.

Dikutip dari Kelompok Teknologi Pengelolaan Air Bersih, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), limbah infeksius rumah sakit ditampung di septic tank khusus yang memiliki pengolahan air limbah secara biologis, kimia, dan fisika.

4. Septic tank terbuka

Septic tank jenis ini biasanya masih banyak ditemukan di daerah perkampungan yang lahannya masih luas. Bagian atas septic tank ini tidak ditutup dan kadang dimanfaatkan jadi kolam untuk memelihara ikan dan lain-lain.

Sumber: Detik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel