Pengamat: Rizal Ramli Paling Mumpuni Atasi Krisis, Jokowi Salah Besar Tak Mengangkatnya

Pengamat: Rizal Ramli Paling Mumpuni Atasi Krisis, Jokowi Salah Besar Tak Mengangkatnya

Sosok ekonom senior Rizal Ramli dinilai paling kompeten untuk mengatasi krisis ekonomi yang terjadi di tengah hantaman pandemik Covid-19 seperti saat ini.

Rizal Ramli sangat mumpuni atasi krisis ekonomi karena kredibilitas dan pengalamanya," kata analis sosial politik Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Ubedilah Badrun kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (7/8).

Ia mengaku cukup memahami argumentasi yang kerap disampaikan mantan Menteri Koordinator bidang Ekonomi, Keuangan dan Industri tersebut bahwa cara pemerintahan Jokowi dalam mengatasi krisis ekonomi kerap keliru kebijakan.

"Hal itu terlihat dari pembengkakan hampir 100 persen dari rencana anggaran penanggulangan ekonomi saat ini akibat Covid-19. Yang tadinya sekitar 600 triliun sekarang kurang lebih hampir 1000 triliun, tetapi angka pertumbuhan ekonomi justru minus 5 persen lebih," lanjut Ubedilah.

Karena itu, Ubedilah meyakini gagasan yang dimiliki Rizal Ramli bisa membantu pemerintah dalam menyelesaikan persoalan ekonomi.

Gagasannya sangat pro rakyat bawah, pilar utama ekonomi Indonesia, tidak memanjakan, menyuntik BUMN dan swasta oligarki," jelas Ubedilah.

"Salah satu kekeliruan besar Jokowi adalah tidak mengangkat Rizal Ramli menjadi menteri ekonominya pada periode kedua. Itu pun syaratnya Jokowi harus ikuti gagasan Rizal Ramli, jangan ikuti para oligarki dan pengkhianat bangsa. Itu syarat utamanya," pungkas Ubedilah. (Rmol)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel