10 Provinsi dengan Tingkat Kematian Tertinggi Covid-19, Jakarta Rendah, Ini Penyebabnya...


Berdasarkan data yang diirlis pada situs resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pada Minggu (6/9/2020), terdapat 10 provinsi dengan tingkat kematian covid-19 tertinggi.

1. Jawa Timur (7,1%)
2. Jawa Tengah (7,1%)
3. Bengkulu (6,6%)
4. Sumatera Selatan (5,9%)
5. Nusa Tenggara Barat (5,9%)
6. Sumatera Utara (4,4%)
7. Sulawesi Tengah (4,4%)
8. Kalimantan Selatan (4,2%)
9. Lampung (4,2%)
10. Kalimantan Timur (4,2%)

Secara nasional tingkat kematian covid-19 mencapai 4,1%.

10 provinsi tersebut tingkat kematian covid-19 diatas rata-rata nasional.

DKI Jakarta

Sementara itu, DKI Jakarta dengan jumlah kasus covid-19 tertinggi di Indonesia, namun tingkat kematiannya sangat rendah yaitu 2,8%, lebih rendah dari rata-rata Nasional 4,1% dan bahkan dari rata-rata Global 3,3%.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menanggapi data ini mengungkapkan, Pemprov DKI Jakarta terus berusaha memaksimalkan semua potensi yang ada untuk fokus menyelamatkan nyawa warga Jakarta.


“Kami tidak akan pernah lelah dan kendor dalam upaya penanganan pandemik ini. Keberhasilan ini bergantung terhadap kepatuhan warga Jakarta seluruhnya,” kata Anies Baswedan, Senin (7/9/2020).

“Semoga Allah tolong dan mudahkan kita selalu,” harapnya.

Bagaimana Jakarta berhasil menekan angka kematian? Pemprov DKI serius meningkatkan kemampuan testing dan aktif melakukan 3T (testing, tracing, treatment). Kegiatan testing DKI sudah 5 kali lipat di atas standar minimal yang ditetapkan oleh WHO. Maka orang yang berisiko tinggi, secara cepat langsung terdeteksi dan bisa diisolasi/dirawat. Nyawa terselamatkan.

Sejak Juni lalu Pemprov DKI memang terus mengejar testing sebanyaknya dan tidak takut diberitakan banyak kasus.

Pada Juni lalu Gubernur DKI Anies Baswedan mengatakan, “Makin banyak menemukan kasus, makin cepat kita bisa memutus rantai penularan dan makin bisa menyelematkan nyawa.”

Pemprov DKI meningkatkan testing dan berburu kasus baru justru untuk menyelamatkan nyawa. Tingginya kegiatan testing dan deteksi dini cara paling tepat untuk selamatkan nyawa. Kini giliran masyarakat terus disiplin melakukan 3M: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak. []

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel