TPU Pondok Ranggon Krisis Lahan Pemakaman Akibat Covid-19

Lahan di TPU Pondok Ranggon, Jakarta, diprediksi penuh dalam satu bulan ini karena penambahan kematian Covid-19. Para petugas pemakaman mengalami kelelahan.

Beberapa lahan pemakaman di DKI Jakarta dan Surabaya, Jawa Timur, mulai penuh akibat peningkatan kasus kematian akibat virus corona (Covid-19).

Salah satunya terjadi di tempat pemakaman umum (TPU) Pondok Ranggon, Jakarta. Rata-rata kedua TPU ini memakamkan hampir 30 jenazah dalam satu hari

Menurut salah seorang petugas di TPU Pondok Ranggon, beberapa petugas pemakaman akhirnya kelelahan dengan lonjakan jenazah yang terjadi dalam tiga minggu terakhir.

"Lahan ini sudah krisis di TPU Pondok Ranggon, tinggal satu tempat di bawah, itu kemungkinan kalau seandainya jenazah melonjak terus, bisa dipastikan sebulan akan habis untuk di TPU Pondok Ranggon," PJLP GTP Pondok Rangon, Imang Maulana, dalam CNN Indonesia TV, Senin (7/9).

Hal serupa juga terjadi di TPU Babat Jerawat, Surabaya, Jawa Timur. Selama menjadi pemakaman khusus untuk jenazah Covid-19, TPU ini menerima kurang lebih 700 jenazah.

Lihat juga: Sempat Sesak Nafas, Jubir Covid-19 Aceh Besar Meninggal

Kepala TPU Babat Jerawat Hartono memperkirakan lahan TPU Babat Jerawat hanya tersisa untuk 100 jenazah. Ia berharap Pemkot Surabaya melakukan perluasan lahan untuk pemakaman.

"Perkiraan sisa 100, setahu saya untuk sementara ini ya seperti ini, belum ada perluasan," ujar Hartono.
Kasus Covid-19 per Minggu (6/9) bertambah 3.444 orang, sehingga totalnya mencapai 194.109 kasus konfirmasi positif. Dari angka tersebut, 138.575 sembuh, dan tercatat 8.025 kasus kematian.

Tambahan kasus kematian di Jawa Timur pada hari yang sama sebanyak 30 kasus, provinsi ini juga menjadi daerah dengan kasus kematian tertinggi sebanyak 2.545 orang. DKI Jakarta mencatat ada penambahan 9 kasus kematian sehingga totalnya menjadi 1.274 kasus.[cnnindonesia]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel