Bukan PDIP, Selama Jadi Presiden Jokowi Bergantung Pada Luhut, Airlangga Dan BG

Bukan PDIP, Selama Jadi Presiden Jokowi Bergantung Pada Luhut, Airlangga Dan BG

 KONTENISLAM.COM - Presiden Joko Widodo dinilai memiliki ketergantungan tinggi terhadap beberapa sosok diantaranya Luhut Binsar Pandjaitan dan Budi Gunawan.

Demikian disampaikan Dosen Ilmu Politik & International Studies, Universitas Paramadina Ahmad Khoirul Umam saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (30/10).

Menurut Umam. Jokowi sangat tergantung pada Luhut pada hal-hal yang strategis, Airlangga di sektor ekonomi dan BG untuk upaya pengamanan stabilitas Politik dan Keamanan.

"Kepemimpinan Jokowi memiliki tingkat ketergantungan tinggi terhadap sosok Luhut Binsar Panjaitan di sektor strategis, sosok Airlangga Hartarto di sektor ekonomi dan Budi Gunawan di upaya pengamanan stabilitas politik dan keamanan,"" demikian kata Umam, Jumat (30/10).

Umam berpendapat, ketergantungan Jokowi pada 3 sosok itu merupakan konsekuensi tidak menempatkan politisi PDIP di level Kementerian Koordinator.

Meski demikian, kata Umam bukan berarti Jokowi memiliki keberanian untuk melepaskan diri dari PDIP.

"Jokowi hanya bermain "wait & see" dalam relasinya dengan PDIP. Terlebih Jokowi punya konflik kepentingan (conflict of interests) yang amat besar terkait majunya anak dan menantunya di Pilkada Surakarta dan Medan," kata pria yang juga Direktur Eksekutif Romeo-Strategic Research & Consulting (RSRC)(RMOL)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel