Disebut Belum Layak, Warganet Pertanyakan Jasa Puan Maharani yang Terima Bintang Mahaputera Adipradana

Puan Maharani saat Terima Bintang Mahaputera Adipradana

 KONTENISLAM.COM - Puan Maharani selaku Ketua DPR RI menerima anugerah Bintang Mahaputera Adipradana dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Penganugerahan dilakukan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (11/10). Puan dinilai telah berjasa bagi bangsa dan negara, terutama saat menjabat sebagai Menteri Koordinator bidang Pengembangan Manusia dan Kebudayaan (PMK) periode 2014-2019. Politisi PDIP itu dinilai berhasil menuruinkan angka kemiskinan di Indonesia sehingga menjadi yang terendah sepanjang sejarah Indonesia.

Selain itu putri Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri itu dinilai sukses saat Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018 dan Asian Paragames 2018. Selain itu Puan dianggap mampu meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang disebut untuk pertama kali masuk dalam katagori tinggi. Puan juga tercatat sebagai menteri koordinator (Menko) termuda dalam sejarah Indonsia.
 
Dalam piagam Tanda Kehormatan dari Presiden Joko Widodo kepada Puan Maharani, tertulis, “Sesuai dengan Pasal 28 Ayat (2) Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2009, sebagai penghargaan atas jasa-jasanya yang luar biasa di berbagai bidang yang bermanfaat bagi kemajuan, kesejahteraan, serta kemakmuran bangsa dan negara.” Pemberian bintang jasa ini adalah yang kedua diterima Puan. Pada 2018, Puan menerima Bintang Bhayangkara Utama.

Namun penganugerahan bintang jasa tersebut justru mendapat tanggapan negatif dari warganet. Publik dunia maya menilai Puan belum layak menerima Bintang Mahaputera. Pasalnya bintang tersebut seharusnya hanya diberikan kepada orang yang benar-benar berjasa bagi bangsa dan negara.

Pemilik akun @enhatee menuliskan, mumpung lagi berkuasa obral gelar. Pemilik akun yang mengaku bernama Nur Hidayat itu menyatakan, seseungguhnya Puan tidak masuk dan memenuhi kriteria penerima gelar. Namun gelar tetap diberikan agar ibundanya senang. Pemilik akun @GenovevaDaisy_ dengan nada satir mengucapkan selamat kepada Puan. Menurutnya, hobinya mematikan mic berbuah pemberian penghargaan.

Pemilik akun @isanmuhammad mengaku heran, lantaran Puan dinilainya tidak berbuat apa-apa tapi justu mendapat penghargaan. Dengan nada satir, pemilik akun mengatakan hal itu sangat inspiratif. Sedangkan pemilik akun @destantilaksti1mengatakan, prestasi Puan sampai bisa menerima bintang jasa adalah karena masih keturunan Soekarno. Menurutnya, masih banyak figur yang lebih pantas menerima bintang jasa lantaran lebih berprestasi, salah satunya adalah mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. (Kastara)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel