Gak ada Hentinya, Anies Baswedan Kembali Boyong Penghargaan Buat DKI Jakarta

DKI Jakarta sebagai Pemerintah Daerah paling Informatif 

KONTENISLAM.COM - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali dinobatkan sebagai Pemda berkualifikasi informatif oleh Komisi Informasi Pusat (KIP) Republik Indonesia. Hal itu terjadi pada Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2020.

Momen istimewa itu pun langsung dibagikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melalui laman Facebook pribadinya pada Rabu (25/11/2020).
 
“Alhamdulillah, tiga tahun berturut-turut! Pemprov DKI Jakarta kembali dinobatkan sebagai Pemda berkualifikasi Informatif oleh Komisi Informasi Pusat Republik Indonesia pada Anugerah Keterbukaan Informasi Publik tahun 2020,” tulis Anies memberi keterangan pada foto yang diunggahnya.

Anies menuturkan apresiasi dari KIP itu merupakan hasil kerja bersama seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta dengan masyarakat sehingga menghasilkan sejumlah produk keterbukaan informasi publik yang mengedepankan transparansi dan akuntabilitas.

“Ini sebuah prestasi yang harus disyukuri namun lebih penting lagi dipertahankan dan ditingkatkan, dengan terus menghasilkan karya, inovasi dan trobosan yang sesuai dengan tantangan kekinian,” kata dia.

Salah satu produk informasi itu, ujar Anies mencontohkan, adalah platform corona.jakarta.go.id dan aplikasi JAKI yang memfasilitasi kebutuhan informasi yang transparan terkait pandemi Covid-19 di DKI Jakarta.

Produk tersebut juga memberi ruang kolaborasi bagi masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyabet penghargaan atas terobosannya di bidang teknologi informasi dan komunikasi.

Aplikasi Jakarta Kini atau JAKI terpilih sebagai juara pertama dalam kategori Public Sector di ajang Karya Terpilih Indonesia Entrepreneur (IdenTIK) 2020 dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Malahan, dalam acara Mobilize Virtual Summit 2020, DKI Jakarta memenangkan penghargaan sebagai kota dengan keberlanjutan transportasi terbaik di dunia.

Kemenangan ini merupakan yang kedua kalinya untuk Jakarta, setelah tahun lalu meraih juara kedua.

Jakarta terus berinovasi dan berhasil mengalahkan puluhan kota besar dunia lainnya, seperti Auckland, Bogota, Buenos Aires, Charlotte, Frankfurt, Moskow, San Francisco dan Sao Paulo.
 
Sustainable Transport Award (STA) merupakan penghargaan tahunan yang menilai perbaikan mobilitas kota dan inovasi sistem transportasi.

Anies menegaskan penghargaan yang diberikan kepada DKI Jakarta sebagai Kota Terbaik di Dunia dalam Sustainable Transport Award 2020 berdasarkan pengkajian inovasi integrasi transportasi selama 18 bulan terakhir.

Hal itu diungkapkan Anies menjawab anggapan bahwa penghargaan tersebut tidak terlepas dari sumbangsih Gubernur DKI Jakarta periode sebelumnya seperti Joko Widodo dan Basuki Tjahja Purnama alias Ahok.

“Sustainable Transport Award 2020 ini diberikan untuk inovasi, terobosan dalam periode 18 bulan terakhir, itulah masa penilaian mereka. Yang diberikan bukan terhadap transportasi kotanya, tetapi terhadap inovasi terobosan di bidang transportasi,” tutur Anies, Rabu (4/11/2020).
 
Sumber: bisnis.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel