Pompeo hingga TKA China Ditarik-tarik Urusan Karantina Habib Rizieq

Pompeo hingga TKA China Ditarik-tarik Urusan Karantina Habib Rizieq

 KONTENISLAM.COM - Urusan kewajiban karantina bagi Habib Rizieq setiba di Indonesia jadi panjang. Menlu Amerika Serikat, Mike Pompeo, hingga tenaga kerja asing (TKA) asal China pun dibawa-bawa pendukung Habib Rizieq.

Habib Rizieq sudah mengumumkan rencana kepulangannya ke Indonesia. Dia rencananya tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Selasa (10/11) pagi. Setelahnya, sederet agenda pun telah direncanakan termasuk pernikahan sang putri.

Di sisi lain, ada aturan yang menyebutkan WNI yang pulang dari luar negeri diwajibkan harus menjalani karantina 14 hari dulu. Ini sesuai dengan langkah penanggulangan COVID-19 yang tertuang pada Surat Menteri Kesehatan bernomor PM.03.01/Menkes/338/2020 tentang Penanganan Kepulangan Warga Negara Indonesia (WNI) dan Kedatangan Warga Negara Asing (WNA) dari Luar Negeri di Bandar Udara Soekarno-Hatta dan Bandar Udara Juanda. Aturan itu ditandatangani Terawan Agus Putranto tertanggal 22 Mei 2020.

"Melakukan karantina mandiri di rumah/tempat tinggal masing-masing selama 14 (empat belas) hari, menerapkan physical distancing, memakai masker, dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS)," demikian bunyi petikan aturan dalam Surat Menteri Kesehatan bernomor PM.03.01/Menkes/338/2020 tentang Penanganan Kepulangan Warga Negara Indonesia (WNI) dan Kedatangan Warga Negara Asing (WNA) dari Luar Negeri di Bandar Udara Soekarno-Hatta dan Bandar Udara Juanda.

FPI dan PA 212, yang merupakan pendukung Habib Rizieq, membandingkan penerapan aturan itu. Mereka mempertanyakan apakah tamu negara hingga TKA China juga menjalani kewajiban karantina tersebut.

Selain itu, Habib Rizieq juga disebut sudah menjalani tes swab Corona. Seperti diketahui, syarat tes Corona diperlukan untuk bepergian.

Sekretaris Umum FPI, Munarman membandingkan kewajiban karantina Habib Rizieq dengan kedatangan Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat Mike Pompeo ke Indonesia beberapa waktu lalu.

"Wajibkan lah (isolasi mandiri) terhadap Mike Pompeo yang kemarin datang dan (juga) terhadap TKA (Tenaga Kerja Asing) dari China," kata Munarman, saat dihubungi, Minggu (8/11/2020).

Diketahui, Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat Mike Pompeo tiba di Indonesia Kamis (29/10). Kunjungan Pompeo ke Indonesia merupakan rangkaian perjalanannya ke India, Sri Lanka, Maladewa, dan Indonesia pada 25-30 Oktober 2020.

Saat itu, Mike Pompeo juga sempat bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Bogor. Dalam pertemuan, Jokowi menyampaikan hubungan kemitraan antara Indonesia dan AS

Tanggapan Kemlu

Juru Bicara Kemlu, Teuku Faizasyah. Ia mengatakan bahwa saat itu Mike Pompeo hadir sebagai tamu pemerintah dan telah menjalani tes usap atau swab test. Seperti diketahui, Pompeo sempat bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Bogor.

"Adapun, Menlu Pompeo sebagai tamu pemerintah, menjalani swab sebelum bertemu Menlu dan Presiden," kata Juru Bicara Kemlu, Teuku Faizasyah saat dihubungi, Minggu (8/11/2020).

Dia menuturkan ada pengaturan yang bersifat bilateral antarprotokol dua negara terkait kedatangan Pompeo. Namun, Faizasyah enggan berkomentar lebih lanjut soal prosedur wajib karantina 14 hari. Hal itu merupakan ranah Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

"Hal ini sebaiknya ditanyakan ke Kemenkes karena ketentuan protokol kesehatan menjadi kewenangan Kemenkes," jelasnya.(detik)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel