Aksi ABG Ketua Pecinta Habib Bahar Bawa Sajam Digagalkan Polisi

Aksi ABG Ketua Pecinta Habib Bahar Bawa Sajam Digagalkan Polisi 

KONTENISLAM.COM - Seorang remaja berinisial RP diamankan polisi setelah kedapatan membawa senjata tajam ke Polres Jakarta Selatan. Remaja berusia 16 tahun ini memakai kaus bertuliskan 'Pecinta Habib Bahar' saat diamankan polisi.

Kasat Reskrim Polres Jaksel Jimmy Christian Samma menerangkan awalnya polisi melihat gelagat mencurigakan RP yang memutari area sekitar Polres Jaksel, Kamis (17/12/2020) siang. Saat itu, polisi sedang melaksanakan simulasi pengamanan mako.

"Kronologisnya yaitu pada saat Polres Jaksel pada saat melakukan simulasi pengamanan mako kemudian si RP ini datang muter-muter di sekitar Polres. Karena kita melakukan penyekatan jalan kemudian yang bersangkutan dari sebelah Polres masuk melewati tanda larangan artinya itu satu arah dan yang bersangkutan bersama rekannya masuk ke dalam polres," kata Kasat Reskrim Polres Jaksel AKBP Jimmy Christian Samma di Mapolres Jaksel, Jumat (18/12/2020).

RP mendatangi Polres Jakarta Selatan dengan ditemani rekannya berinisial ABA. Dia berdalih hendak membuat Surat Izin Mengemudi (SIM).

Akan tetapi, polisi melihat gelagat mencurigakan dari RP ini. Terlebih saat diperiksa, KTP RP berdomisili di Garut.

"Jadi awalnya begini, pada saat kami lakukan penggeledahan yang bersangkutan mengatakan ingin membuat SIM dia bersama rekannya ingin membuat SIM. Namun kami lihat KTP-nya satu Garut satu di Jakbar. Jadi alasan yang disebutkan bagi kami tidak masuk akan makanya kami lakukan penggeledahan," tegasnya.

Tak hanya itu, saat penggeledahan polisi menemukan satu buah senjata tajam berjenis pisau di dalam tas yang di bawa RP.

"Barbuk kita amankan yaitu baju kaos yang digunakan adalah baju ini, RHB. Kemudian topi, kemudian ini pisaunya. Kemudian ini satu buah hp kita amankan. Kemudian ini satu buah tas yang dipakai oleh RP yang untuk menyimpan pisau," sambungnya.

Pembawa senjata tajam berkaus 'Pecinta Habib Bahar' ke Polres Jaksel ternyata masih berusia 16 tahun. Remaja berinisial RP itu mengaku sebagai Ketua Pecinta Habib Bahar (PHB) Cabang Garut.

"Jadi yang bersangkutan ini adalah Ketua PHB Garut, mungkin salah satu ketua wilayah di Garut," ujar Kasat Reskrim Polres Jaksel AKBP Jimmy Christian Samma kepada wartawan di Polres Jaksel, Jl Wijaya II, Jakarta Selatan, Jumat (18/12/2020).

Kepada polisi, dia mengaku mendapatkan undangan via grup WhatsApp untuk mendatangi kantor Polres Jakarta Selatan.

"Jadi alasannya adalah ada undangan atau dari WA grup (WAG) bahwa ada akan mendatangi Polres," kata Kasat Reskrim Polres Jaksel AKBP Jimmy Christian Samma di Mapolres Jaksel, Jumat (18/12/2020).

Jimmy belum bisa merinci seperti apa isi ajakan yang diterima oleh RP. Ia mengatakan, pihaknya masih mendalami isi grup WA tersebut.

Karena gerak-geriknya mencurigakan, keduanya kemudian diamankan polisi. Polisi menggeledah RP dan menemukan senjata tajam serta topi bertulisan 'Alumni 212'.

Jimmy menambahkan, RP datang dari Garut sejak tanggal 12 Desember 2020. Dari Garut dia ke Petamburan, Jakarta Pusat untuk menemui seseorang.

"Jadi sebelum datang ke sini, RP ini dari Petamburan," kata Jimmy.

RP sempat beraktivitas di Petamburan selama 3 hari.

"Yang bersangkutan beraktivitas dalam tiga hari ini di Petamburan menemui beberapa temannya. Aktivitasnya bertemu teman-teman di sana, kemudian berada di sekitar masjid Petamburan," kata Jimmy.

Barulah pada Kamis (17/12) kemarin, RP mendatangi Polres Jakarta Selatan. Dia ditemani temannya berinisial ABA.

Saat ini RP masih diperiksa di Polres Jaksel. Polisi belum menentukan status hukum RP.(detik)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel