Mardani: Pembubaran FPI Bentuk Kegagalan Negara

 

KONTENISLAM.COM - Keputusan Pemerintah Republik Indonesia untuk membubarkan ormas Front Pembela Islam (FPI) mendapat kritikan dari berbagai pihak. Politisi PKS, Mardani Ali Sera memandangnya sebagai satu bentuk kegagalan negara.

“Upaya pelarangan atau pembubaran ormas sebetulnya bentuk gagalnya negara membina dan menjadikan ormas sebagai modal sosial yg sangat berguna bagi pembangunan bangsa,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kiblat.net pada Kamis (31/12/2020).

Menurut Mardani,  di negara demokrasi semua pihak punya hak untuk menyatakan pendapat dan punya kebebasan berkumpul dan berserikat.

“FPI punya hak untuk berkumpul dan berserikat. Pelarangan FPI bisa ditanggapi dalam koridor negara hukum dan negara demokratis,” ungkapnya.
 
Mardani pun mengingatkan semua pihak untuk bekerja dalam koridor hukum.

“Semua tindakan baik pemerintah, FPI dan semua pihak harus berbasis landasan konstitusi,” pungkasnya.

Sebelumnya, Menkopolhukam Mahfud MD dalam konferensi persnya pada Rabu (30/12/2020) menyampaikan bahwa secara resmi Pemerintah RI melarang Front Pembela Islam (FPI) untuk berkegiatan. Mahfud MD menyebut bahwa FPI dianggap melakukan aktifitas yang bertentangan dengan hukum.[kiblat]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel