Dari Kolong Jembatan, Risma Diyakini Incar DKI 1 dan Maju Pilpres 2024

Mensos Risma blusukan ke kolong jembatan flyover pramuka, Jaktim 

KONTENISLAM.COM - Menteri Sosial Tri Rismaharini diyakini incari kursi calon gubernur DKI Jakarta dan mau ikut Pilpres 2024. Sebab sebagai mensos, Risma dinilai terlalu berlebihan sampai turun ke kolong jembatan Jakarta.

Bahkan Risma dianggap Menteri Sosial yang merebut pekerjaan Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta.
 
Dalam pandangan peneliti kebijakan publik dari lembaga Political and Public Policy Jerry Massie, kegiatan Risma merupakan bagian dari manuver politik, tetapi momentumnya belum tepat.

“Ini gaya blusukan mengarah ke DKI 1,” kata Jerry kepada Suara.com, Selasa (5/1/2021).

“Seharusnya grand strategy apa yang harus dibuat. Ataupun pendataan. Saya nilai ini akan terus berlanjut sampai pilpres 2024,” Jerry menambahkan.

“Ini bagian political imaging atau pencitraan politik. Gaya wali kota Surabaya mau coba dia terapkan di ibu kota. Barangkali waktu dan tempat berbeda,” kata Jerry.

Jerry menilai gaya yang ditunjukkan Risma sekarang sama seperti gaya Presiden Joko Widodo dulu, semenjak masih menjadi wali kota Solo.

“Memang blusukan gaya Jokowi juga waktu di Solo. Paling publik akan pertanyakan ini murni politis atau murni humanis,” katanya.

Menurut Jerry, di tengah pandemi Covid-19, tak perlu banyak blusukan dulu.

“Sekarang mensos dibutuhkan konsep dan peduli. Tak perlu hadir pun tapi bisa mengatur dan menyiapkan logistik dengan baik itu sudah bagus,” kata Jerry.

Jerry menduga kegiatan blusukan yang dilakukan Risma di Jakarta merupakan bagian dari strategi politik untuk “menjegal Anies di DKI dan untuk running 2024 mendatang.”

Jerry menilai nama Risma mulai dikait-kaitkan untuk bursa pemilu tahun 2024.

“Tapi untuk PDIP sendiri barangkali mereka menyimpan amunisi seperti saudara Puan yakni Prananda Prabowo. Tapi tak tertutup kemungkinan Risma menjadi kartu AS.”

Jerry mengatakan posisi menteri sosial merupakan tempat yang strategis untuk melangkah lebih jauh. “Tinggal racikan dan ramuan politiknya seperti apa?”

Tapi Jerry menyarankan agar lebih baik Risma fokus dulu menjalankan tugas Kementerian Sosial. “Tunjukkan saja ethos dan performa kerja yang sesuai harapan publik.”
 
Sumber: suara

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel