Pantas Mobil Dinas Jokowi Mampu Terobos Banjir di Kalsel Gunakan Land Cruiser, Berapa Harganya?

Pantas Mobil Dinas Jokowi Mampu Terobos Banjir di Kalsel Gunakan Land Cruiser, Berapa Harganya? 

KONTENISLAM.COM - Mobil dinas RI 1 Presiden Joko Widodo (Jokowi) tertangkap kamera terobos banjir dengan ketinggian betis orang dewasa.

Bagaimana spesifikasi dan harga mobil mewah yang dikendarai rombongan Presiden ini?

Diketahui, Jokowi datang ke Banjar untuk meninjau penanganan bencana banjir yang sudah berlangsung selama beberapa hari.

Dilansir Kompas.com, rombongan mobil tersebut menerjang banjir setinggi bagian bawah bumper saat lewati Desa Pekauman Ulu, Kecamatan Martapura Timur, Banjar, Senin (18/1/2021).

Jokowi menggunakan Toyota Land Cruiser 200 sebagai mobil dinas selama berada di Kalimantan Selatan.

"Benar. Land Cruiser 200 yang digunakan ialah bermesin diesel 4.461 CC karena dari TAM line-upnya itu. Sementara kalau Prado, kami sudah tidak impor belakangan ini," kata Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy kepada Kompas.com, Senin, (18/1/2021).

Land Cruiser yang digunakan Jokowi merupakan tipe tertinggi tipe 200 Full Spec.

Harganya sendiri mencapai Rp 2.444.950.000, selisih Rp 336 jutaan dari tipe terendah.

Adapun pada dapur pacu mobil, Land Cruiser 200 telah dibekali mesin V8 Diesel Commonrail 4.461 CC yang mampu menghasilkan tenaga hingga 235 PS pada 3,200 rpm dan torsi maksimum 62,8 Ps pada 2.200 rpm.

Mobil juga disematkan suspensi depan dengan sistem Double Wishbone with coil spring & stabilizer serta suspensi Belakang 4 Link coil spring.

Sehingga, kendaraan sangat stabil dipakai di jalur semi offroad dan nyaman.

Apalagi, Land Cruiser 200 sudah dilengkapi fitur keamanan Dual Front SRS Airbags, corner dan Parking Sensor, ABS, ABS + EBD, dan Hill Start Assist Control.

Camera Control juga tersedia, Alarm System, Keyless Entry, Auto Lock System dan Key Smart.

Sementara untuk Land Cruiser Prado, di atas kertas dibenamkan mesin 2,8 liter empat silinder diesel yang dikawinkan dengan sistem transmisi 6-percepatan otomatis dan disalurkan ke semua roda.

Dengan mesin tersebut, tenaga yang dihasilkan mencapai 174 Tk dan torsi 450 Nm. Khusus tangki bahan bakar, mobil ini mampu menampung 87 liter untuk setiap pengisian.

Dalam kunjungan ini, Jokowi meninjau Jembatan Matraman di Banjar yang putus diterjang aliran sungai saat banjir terjadi.

Jokowi juga meninjau beberapa lokasi pengungsian warga korban banjir dan menyerahkan bantuan.

"Sarana yang terdampak (bencana) akan ditinjau Presiden agar Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dapat segera menindaklanjuti. Kebutuhan lainnya yang diperlukan warga juga akan diperhatikan oleh Bapak Presiden," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono dalam keterangan tertulisnya.[tribunnews]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel