Dibanding Pangeran Arab, Roy Suryo Lebih Bangga Tol Japek Pakai Nama Soeharto, Gus Dur atau Habibie

Dibanding Pangeran Arab, Roy Suryo Lebih Bangga Tol Japek Pakai Nama Soeharto, Gus Dur atau Habibie 

KONTENISLAM.COM - Pakar telematikan Roy Suryo ikut berkomentar terkait pemberian nama Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek) II yang kini diperbincangkan publik.

Tol Layang Japek II diberi nama Jalan Tol MBZ Mohamed Bin Zayed. Mohamed Bin Zayed merupakan putra mahkota Abu Dhabi dan deputi komandan tertinggi Pasukan Angkatan Darat UEA.

Roy mengaku lebih bangka nama Jalan Tol Japek diadopsi dari nama-nama putra terbaik bangsa. Dia mencontohkan diadopsi dari nama-nama presiden terdahulu.

"Terus terang saya lebih bangga bila Jalan Layang Tol ini mengabadikan Putra-putra terbaik bangsa, seperti Soekarno, Soeharto, Habibie, Gus Dur dibanding Pangeran UEA," kata Roy Suryo sebagaimana dikutip dari akun @KRMTRoySuryo2, Senin (12/4/2021).

Meski begitu, Roy Suryo tidak terlalu mempermasalahkannya. Dia menyebut pemberian nama Jalan Tol merupakan kewenangan pemerintah.

"Tetapi ya sudah ini hak pemerintah, apalagi dikait-kaitkan dengan Jalan "JokoWi" di UEA dan Investasi Calon IKN? (Tanda tanya)," kata dia.

Pemerintah resmi mengubah nama Tol Layang Jakarta-Cikampek II menjadi Jalan Tol MBZ Sheikh Mohamed Bin Zayed. Pergantian nama diresmikan oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Pratikno mengatakan penamaan jalan tol itu untuk menghargai dukungan MBZ terhadap Indonesia hingga saat ini. Di mana ia menjadi salah satu investor terbesar di Indonesia. Salah satunya adalah saat pembentukan Indonesia Investment Authority (INA).

"Perlu kami sampaikan juga sebelumnya nama jalan Presiden Joko Widodo juga telah dicanangkan di Abu Dhabi, sebuah jalan di jalan utama yang strategis antara Abu Dhabi National Exhibition Center menuju ke arah kompleks kedutaan," kata Pratikno.

Mohamed Bin Zayed merupakan putra mahkota Abu Dhabi dan deputi komandan tertinggi Pasukan Angkatan Darat UEA. Pratikno mengungkapkan latar belakang pemberian nama Jalan Tol MBZ Sheikh Mohamed Bin Zayed adalah penghormatan bagi UAE.[akurat]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel