Guru SMA Sebut Jozeph Paul Zhang Tak Menonjol, Kuliah di UKSW Juga Jebol

Jozeph Paul Zhang 

KONTENISLAM.COM - Jejak Jozeph Paul Zhang atau Shindy Paul Soerjomoelkono yang mengaku sebagai nabi ke-26 pernah tinggal di Jawa Tengah, yakni di Salatiga. Tak hanya tinggal, dia juga menempuh pendidikan tinggi di Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW).

Rektor Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga Neil Semuel Rupidara membenarkan Jozeph Paul Zhang merupakan alumni kampus tersebut. Dia merupakan lulusan Fakultas Pertanian.

"Jozeph atau Shindy Paul Soerjomoeljono adalah alumni UKSW. Ia lulus dari Fakultas Pertanian tahun 1996. Sempat melanjutkan pendidikan S2 Magister Manajemen, tetapi tidak selesai," jelas Rektor UKSW, Neil Semuel Rupidara, melalui keterangan resminya, Rabu (21/4/2021).

Rektor menyesalkan alumnusnya melakukan tindakan yang dianggap menistakan agama. Neil menegaskan kampusnya selalu mengajarkan toleransi.

"Kami sesalkan itu dilakukan Jozeph sebagai alumni UKSW. UKSW adalah lembaga yang menjunjung tinggi kebebasan berpikir dan berekspresi. Kami menilai tindakannya menyampaikan pandangan pribadi. Ia sepertinya perhitungkan secara baik efek pernyataannya dan ketidakdapat-berterimaan pihak lain atas pandangannya itu," jelasnya.

"UKSW adalah kampus Indonesia Mini. Dalam setting komunitas yang seperti itu, kami mendidik mahasiswa untuk dapat berpikir dan bersikap peka dan toleran terhadap keragaman latar belakang," ungkapnya.

Informasi awal yang diterima detikcom menyebutkan bahwa orang tua Jozeph Paul Zhang berada di Tegal. Namun Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi mengatakan tak ada kegiatan terkait Jozeph di Tegal.

"Tidak ada. Di Tegal semua tidak ada kegiatannya karena memang (Jozeph) tidak pernah ada di Tegal," ungkap Luthfi kepada wartawan Klaten, Selasa (20/4).

Namun dari penelusuran detikcom, diketahui bahwa masa kecil hingga remajanya, Jozeph tinggal dan sekolah di Tegal. Semasa sekolah, Jozeph Paul Zang tercatat bernama Shindy Paul Soerjomoeljono.

Jozeph merupakan alumni SMAN 1 Tegal lulusan tahun 1993 lalu. Staf bagian kearsipan SMAN 1 Tegal, Mohamad Husni Efendi, membenarkan bahwa Jozeph Paul Zang adalah alumni sekolah tersebut.

"Betul (Jozeph) lulusan sekolah ini. Di arsip ini nama aslinya Shindy Paul Soerjomoelyono, nomor induk 8897, pernah belajar di SMA Negeri 1 Tegal. Yang bersangkutan lulus tahun 1993," jelas Husni kepada wartawan di kantornya, Rabu (21/4).

Berdasarkan data di salinan ijazah yang disimpan sekolah, Jozeph Paul Zhang lahir di Banjaran, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal, pada Agustus 1974.

Di ijazah tersebut juga tertera Jozeph Paul Zhang merupakan siswa jurusan IPA dan dinyatakan lulus dengan nilai total 73. Nilai 11 mata pelajaran yang diujikan didominasi 6 dan 7. Hanya ada satu mata pelajaran yang mendapat nilai 8, yakni Pendidikan Agama.

Jika melihat nilai di ijazah tersebut, Husni menyebut Jozeph tergolong siswa yang prestasinya sedang-sedang saja.

"Kalau dilihat nilainya, paling tinggi 8, berarti sedang-sedang saja," ungkapnya.

Meski tempat tinggal di Banjaran, Adiwerna, Kabupaten Tegal, Jozeph mengenyam pendidikan SD-SMA di Kota Tegal. Mulai dari Sekolah Dasar (SD) Pius Kota Tegal, SMPN 2 Kota Tegal dan SMAN 1 Kota Tegal.(detik)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel