Ma’ruf Amin Minta Dispensasi Mudik Bagi Santri, Jubir Jelaskan Alasannya

KH Ma'ruf Amin 

KONTENISLAM.COM - Pemerintah secara tegas melarang mudik lebaran tahun 2021. Hal tersebut sebagai upaya pengendalian penyebaran virus covid-19. Namun, baru-baru ini Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta pemerintah memberi dispensasi bagi santri agar bisa pulang ke rumah.

“Wakil Presiden minta agar ada dispensasi untuk santri bisa pulang ke rumah masing-masing tidak dikenai aturan-aturan ketat terkait larangan mudik yang berhubungan dengan konteks pandemi saat ini,” kata juru bicara Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Masduki Baidlowi, dalam keterangannya, Jumat (23/4/2021).

Masduki menjelaskan sudah menjadi kebiasaan para santri bertemu dengan keluarga saat lebaran, setelah melakukan proses belajar di pondok pesantren.

“Pada saat terjadi larangan mudik Lebaran nanti itu juga akan terjadi para santri pondok pesantren akan pulang dari belajar. Dalam hal ini, tentu saja kalau kita mengikuti peraturan-peraturan yang ada para santri yang sedang pulang belajar dari pesantren ke rumah masing-masing itu terkadang banyak yang lintas wilayah, oleh itu dalam hal ini perlu ada semacam dispensasi,” ujarnya

Ia pun turut mengapresiasi Pemprov Jatim yang sudah memberi kemudahan bagi para santri bisa mudik ke rumah masing-masing. Ia pun berharap Pemprov Jateng dan Jabar melakukan hal yang sama.
 
“Satu contoh yang bagus itu sudah dilakukan oleh Gubernur Jawa Timur, nah bagaimana supaya daerah daerah yang lain seperti Jawa Tengah, Jawa Barat, ataupun daerah-daerah lain itu memberikan kemudahan khusus kepada para santri yang pulang belajar dari pesantren,” kata Masduki.

“Karena memang untuk pesantren-pesantren tradisional banyak melakukan kajian-kajian khusus di bulan Ramadhan,” sambungnya.
 
Sumber: jitunews.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel