Tim Bola Turki: DAKWAH TANPA CERAMAH

DAKWAH TANPA CERAMAH

Dakwah itu tak melulu ceramah. Dakwah juga bukan milik para Ustadz dan Ustadzah. Apa pun profesi dan latar belakang kita, sangat memungkinkan untuk berdakwah. Karena pada hakikatnya, dakwah itu adalah ajakan.

Seperti halnya para pemain sepakbola kesebelasan Giresunspor dan Keçiörengücü di Liga 1 Turki (TFF 1 Lig) yang bertanding di awal Ramadhan kemarin (13/4/2021). *video di bawah*

Mungkin tampak 'aneh' karena di tengah bulan puasa yang juga bertepatan dengan jadwal pertandingan, mereka berhenti sejenak saat waktu berbuka puasa tiba. Yang artinya, selama bertanding mereka memang berpuasa. Dan 'berdakwah' bab puasa dan juga bab adab makan dan minum kepada penontonnya. 

Bahkan, bukan cuma para pemain yg terlihat berbuka puasa. Pada tayangan 'aslinya', tampak ofisial, wasit, hingga penonton pun buka puasa bersama.

'Turki Baru' memang sedang rajin berdakwah. Perlahan tapi pasti. Bahkan kadang tanpa 'label'. Memasukkan nilai-nilai keagamaan di ruang-ruang publik yang selama ini sekuler. Tahu-tahu ada saja nilai-nilai keagamaan dimasukkan secara 'halus' menginfiltrasi pemahaman masyarakat di segala sektor. Sehingga, pelan-pelan, sedikit-sedikit, masyarakat yang lama terbina oleh sekularitas dapat tersentuh nilai-nilai Islam tanpa mereka sadari. 

Dibutuhkan energi dan strategi yang besar memang. Tidak 'grasa grusu'. Sekali lagi, pelan tapi pasti. Step by step.

Dan juga, 'dakwah' ini dilakukan oleh sebanyak-banyak 'aktivis'-nya. Mulai dari politisi hingga atlet olahraga. Dari polisi hingga pedagang kaki lima. Sampai kemudian arus dakwah dan kebangkitan peradaban itu tak terbendung lagi.

By the way, kalau kita puasa lalu lemah lesu dan bawaannya tidur melulu, mungkin perjuangan peradaban kita akan bertambah panjang waktunya. Karena, perjuangan melawan peradaban diri saja masih begitulah adanya.

Hoşgeldin ey şehr-i Ramazan. Allah kabul etsin inşaAllâh...

(By Azzam Mujahid Izzulhaq)

[VIDEO]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel