Resahnya Warga Sebab Kolor Ijo Berkeliaran Terekam Kamera



GELORA.CO - Warga Langkat, Sumatera Utara (Sumut), dihebohkan dengan sebuah video menunjukkan sosok pria tanpa busana yang dinarasikan sebagai kolor ijo. 

Berkeliarannya kolor ijo yang tertangkap kamera itu membuat warga resah.

Dilihat detikcom, Senin (24/5/2021), dalam video berdurasi 32 detik itu terlihat seseorang berjalan tanpa memakai baju dan celana masuk ke teras rumah salah satu warga. Orang tersebut terlihat memakai penutup kepala berwarna merah muda (pink).

Peristiwa itu disebut terekam di salah satu rumah warga di Desa Sendang Rejo, Kecamatan Binjai, Kabupaten Langkat, pada 23 Mei 2021, pukul 03.41 WIB. Pria yang dinarasikan sebagai kolor ijo itu terlihat berupaya masuk ke rumah tersebut.

Pria itu tampak berupaya membuka jendela. Namun karena tidak bisa berhasil, pria itu terlihat kabur ke belakang rumah.

"Kolor ijo meresahkan warga Sedang Rejo, Pasar 8, Gang Jibur," tulis pengunggah video.

"Yang punya anak gadis dan yang ditinggal suaminya hati-hati ya," sambungnya.

Polisi Selidiki

Polisi mengatakan bakal mengecek kebenaran video viral tersebut. Kasubbag Humas Polres Binjai Iptu Siswanto Ginting mengatakan kebenaran video itu sedang diselidiki oleh Polsek Binjai.

"Sedang diselidiki oleh Polsek Binjai," ucap Siswanto.

Kolor Ijo Cuma Mitos

Warga Langkat, Sumut, digegerkan oleh sosok pria tanpa busana yang dinarasikan sebagai kolor ijo. Padahal kolor ijo itu cuma mitos belaka.


Dosen Antropologi dari Universitas Negeri Medan (Unimed) Erond L Damanik mengatakan kolor ijo itu digambarkan dengan sosok manusia kecil. Kolor ijo ini disebut mitos di masyarakat Jawa.

"Itu kan manusia kecil yang dikatakan memiliki celana pendek berwarna hijau. Itu sebenarnya mitos Jawa," ucap Erond kepada wartawan, Senin (24/5).

Erond mengatakan masyarakat asli Sumut sebenarnya tidak mengenal yang namanya kolor ijo. Dia mengatakan apa yang terekam CCTV di rumah warga di Langkat bukan kolor ijo.

"Nggak, mana mungkin. Salah mereka menafsirkannya itu berarti. Kolor ijo itu manusia jadi-jadian yang bisa berubah sosok menjadi hantu yang bisa mencelakai orang lain dan itu ditandai dengan dia pakai kolor warna hijau," ucapnya.

Erond mengatakan kolor ijo hanya mitos yang berkembang di masyarakat sebagai hantu yang dikirim untuk melukai seseorang.

"Kolor ijo ini dipergunakan untuk mengancam keamanan orang lain yang dikirim pemiliknya," jelas Erond.

"Itu sama kayak tuyul yang diperintah pemiliknya untuk mencuri uang orang lain," tambahnya.(dtk)



[mediamuslim.org]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel