147 RW Di Jakarta Akan Uji Coba Pengangkutan Sampah Terjadwal

 

KONTENISLAM.COM - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berupaya menekan laju volume sampah di Ibu kota.
 
Salah satu alasannya kondisi TPST Bantar Gebang sudah hampir mencapai kapasitas maksimalnya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menginformasikan, Pemprov DKI bakal melakukan uji coba pengangkutan sampah terjadwal di 147 Rukun Warga (RW) pada Juni 2021.

Saat ini pun, jumlah sampah Jakarta yang masuk ke TPST Bantar Gebang per hari terus meningkat dari tahun ke tahun.

Berdasarkan data dari Dinas LH DKI Jakarta, pada tahun 2019 ada sebanyak 7.702 ton sampah per hari dan tahun 2020 sebanyak 7.424 ton sampah per hari.

Sehubungan dengan itu, Pemprov DKI berinisiatif untuk menekan pengurangan sampah di sumber paling awal. Antara lain dengan mengurangi, memilah, dan mengolah sampah dari tingkat RW.

"Nantinya sampah yang sudah dipilah oleh warga akan diangkut secara terjadwal," kata Anies seperti diberitakan Kantor Berita RMOLJakarta mengutip Melalui akun instagram Anies Baswedan.

Langkah ini dilakukan sebagai upaya Pemprov DKI dalam penerapan Peraturan Gubernur 77/2020.

Anies berharap, seluruh aktor dapat berperan aktif dalam pengelolaan sampah yang menjadi tanggung jawab bersama.

Dijelaskan dalam Pergub bahwa salah satu peran RW di DKI Jakarta melaksanakan pemilahan sampah dan melakukan pengangkutan sampah secara terjadwal.
 
"Lewat program pengangkutan sampah terpilah dan terjadwal di 147 RW di Jakarta ini, Pemprov DKI optimis pengurangan sampah di sumber dapat terealisasikan," jelas Anies.

Untuk informasi lebih lanjut terkait pengurangan sampah di sumber, dapat menghubungi bidang pengelolaan lingkup RW dan/atau Suku Dinas Lingkungan Hidup setempat.[rmol]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel