Pak Anies Sejahterakan Petani Saat Sembako Mau Dipajaki Jokowi



GELORA.CO - Upaya mensejahterakan petani yang dilakukan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendapat sambutan luas dari masyarakat di dunia maya atau yang sering disebut warganet.

Anies Baswedan bersama Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir melakukan panen raya di area persawahan Desa Mekarwangi, Kecamatan Tomo, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Jumat (11/6).

Momen panen raya itu turut dibagikan Anies melalui jejaring media sosial miliknya.

Anies menegaskan, panen raya ini sebagian bagian dari kerja sama antara PT Tjipinang Food dengan kelompok tani yang ada di Sumedang.

Menurut Anies, panen raya ini bentuk keseriusan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam meningkatkan kerja sama daerah di sektor pangan.

Selain untuk memenuhi kebutuhan beras Jakarta, kerja sama ini juga bagian dari upaya untuk mensejahterakan para petani.

"Di satu sisi petani mendapat harga jual gabah yang lebih tinggi, sementara warga Jakarta mendapat harga beras yang terjangkau," tulis Anies dalam unggahannya seperti diberitakan Kantor Berita RMOLJakarta.

Tak hanya itu, Anies juga menyebut kerja sama ini sebagai upaya membalas budi kepada para petani.

Menurut Anies, para petani telah bekerja senyap dan manfaatnya dirasakan oleh masyarakat di perkotaan, tak terkecuali Jakarta.

Masyarakat di dunia maya menyambut baik dan mengapresiasi kolaborasi pangan yang digagas Anies ini.

"Kebijakan yang sangat baik, patut dicontoh oleh semua kepala daerah. Kerja sama antar perkotaan dan pedesaan," tulis pemilik akun Facebook, Riski Alfirdausi.

Selain mengapresiasi, warganet juga ramai membandingkan kebijakan kolaborasi Anies ini dengan rencana pemerintah pusat yang akan menarik tarif pajak pertambahan nilai (PPN) untuk barang kebutuhan pokok atau sembako.

"Yang sana (pemerintah pusat) mau majakin sembako, yang ini (Anies) ingin rakyat mendapat harga terjangkau. Mantap kan?" tulis Arun Haryanto.

"Sementara lagi ramai sembako mau dikenakan pajak, Pak Gubernur DKI Jakarta lagi panen raya. Sejahtera petaninya, bahagia rakyatnya," tulis pemilik akun Instagram @ritha_makeupp.

Tak sedikit pula dari warganet itu yang mengungkapkan rasa tidak sabar menunggu Anies Baswedan menjadi Presiden Republik Indonesia.

"Baru jadi Gubernur DKI Jakarta manfaatnya sudah terasa untuk warga luar Provinsi DKI, bagaimana kalau jadi Presiden RI?" sindir Rafiudin Ahmad di Facebook.

Rencana pemerintah pusat untuk menarik pajak untuk barang sembako menjadi perbincangan dalam beberapa waktu terakhir.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebutkan, penarikan pajak sembako itu masih tahap rencananya. Nantinya rencana tersebut akan dibahas dengan Komisi XI DPR RI.

Anak buah Presiden Jokowi itu menambahkan, penarikan pajak itu dimaksudkan untuk memperluas objek penerimaan keuangan negara yang sedang terguncang akibat pandemi Covid-19.[rmol]



[mediamuslim.org]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel