Spanyol Nyatakan ‘Adios’ (Selamat Tinggal) untuk Pemakaian Masker

KONTENISLAM.COM - Spanyol akan mencabut perintah wajib memakai masker mulai 26 Juni, kata Perdana Menteri Pedro Sanchez pada hari Jumat (18/6/2021).

Pengumuman Spanyol mengikuti keputusan di negara tetangga Prancis untuk mengakhiri wajib memakai masker di luar ruangan karena tingkat infeksi turun, meskipun kekhawatiran tetap ada atas penyebaran varian Delta. 

"Akhir pekan ini akan menjadi yang terakhir dengan masker di ruang terbuka karena akhir pekan depan kami tidak akan memakainya lagi," kata Sanchez dalam sebuah acara di Barcelona.

Dia mengatakan kabinet akan bertemu pada 24 Juni untuk menyetujui pencabutan aturan mengenakan masker mulai 26 Juni.

Pemakaian masker telah menjadi persyaratan hukum di dalam dan luar ruangan di sebagian besar Spanyol, terlepas dari jarak sosial, sejak musim panas lalu, untuk semua orang yang lebih tua dari enam tahun.

Namun, dengan infeksi yang berkurang dan hampir separuh populasi telah menerima satu dosis vaksin – termasuk lebih dari 90% orang di atas 50 tahun – beberapa otoritas regional telah berteriak-teriak untuk melonggarkan aturan tersebut.

Tingkat infeksi nasional yang diukur selama 14 hari sebelumnya turun menjadi 96,6 kasus per 100.000 orang pada hari Kamis, turun dari lebih dari 150 kasus sebulan yang lalu, sementara tekanan pada sistem kesehatan telah berkurang secara signifikan sejak awal tahun.  

(Sumber: Reuters)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel