Anwar Abbas soal Pembunuhan Ketua MUI Labura: Bongkar Motifnya!

Waketum MUI Anwar Abbas 

KONTENISLAM.COM - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Labuhanbatu Utara (Labura) Sumatera Utara, Ustaz Aminnur Rasyid Aruan, tewas dibacok Suprianto alias Anto Dogol (35). MUI pusat ingin agar motif di balik pembunuhan itu diungkap.

"MUI meminta pihak kepolisian untuk dapat sesegera mungkin membongkar motif dari pembunuhan ini dan memprosesnya untuk diseret ke pengadilan bagi dijatuhi hukuman yang seadil-adilnya yang setimpal dan sepadan dengan tindakan yang telah dilakukannya tersebut," kata Wakil Ketua Umum MUI, Anwar Abbas, dalam keterangannya kepada wartawan, Rabu (28/7/2021).
 
Pembunuhan tentu tidak dibenarkan. MUI mengutuk keras pembunuhan sadis itu. Anwar Abbas menyebut tindakan itu sebagai 'sangat terkutuk' dan 'terlaknat'.

"Perbuatan ini benar-benar merupakan sebuah perbuatan dan tindakan yang sangat biadab dan terlaknat yang tidak boleh ditolerir sama sekali. Untuk itu bagi tegaknya keadilan yang bersangkutan harus dijatuhi hukuman yang seberat-beratnya," tutur Anwar Abbas.
 
MUI memberikan apresiasi dan berterima kasih kepada polisi, utamanya Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan. Berkat polisi, pelaku pembunuhan Amninur Rasyid Aruan ditangkap dalam waktu singkat.

Anto Dogol yang membunuh Aminur Rasyid merupakan karyawan korban yang bekerja di kebun sawit. Teguran korban kepada pelaku disinyalir menjadi penyebab pembacokan maut pada Selasa (27/7) tadi malam.

"Korban menyampaikan kepada pelaku agar jangan lagi mencuri sawit di kebun miliknya. (Sehari-hari) pelaku ini memang merupakan pegawai dari korban, di kebun tersebut," kata Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan, tadi malam.

Menurut Deni teguran tersebut membuat pelaku merasa sakit hati. Rasa sakit hati tersebut kemudian menumbuhkan niat pelaku untuk menyerang korban.
 
Di mata muridnya, Ustaz Aminnur Rasyid Aruan merupakan seorang tenaga pendidik yang baik. Sehari-hari dia merupakan guru di sekolah Aliyah (setingkat SMA) yang ada di Labura.

Selain itu Aminnur Rasyid juga merupakan ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Labura, serta salah satu pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Labura.

"Saya ini dulu bekas muridnya. Kenal Ustaz itu sudah sejak lama. Dia bukan tipe orang yang kasar. Sama murid juga tidak kasar. Jadi kemungkinan besar, pelaku sakit hati bukan karena kata-kata kasar," kata mantan murid Aminnur bernama Hariansyah saat dihubungi melalui telepon.[detik]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel