5 Hadist Tentang Dengki, Sifat Tercela yang Membuat Amal Musnah Bak Api Memakan Kayu Bakar



GELORA.CO - Sifat dengki atau hasad merupakan salah satu jenis penyakit hati yang harus dihindari. Berikut ini kumpulan hadist tentang dengki dan ajakan untuk menjauhkan diri dari rasa dengki. Simak ulasannya berikut ini.

Dengki merupakan perasaan tidak senang terhadap nikmat yang diberikan Allah SWT kepada orang lain dan memiliki perasaan agar nikmat tersebut hilang dari orang tersebut. Perasaan dengki merupakan hal buruk sangat mudah memasuki diri kita.

Dengki juga merupakan sifat yang harus kita hindari. Berikut ini adalah hadist tentang larangan dan menjauhkan diri dari rasa dengki.

1.Larangan perasaan dengki

“Janganlah kalian saling mendengki, janganlah kalian saling memutuskan hubungan, janganlah kalian saling membenci, janganlah kalian saling memperdaya, dan jadilah kalian hamba-hamba Allah yang bersaudara.” (HR. Bukhari dan Muslim).

2.Perasaan dengki dapat menyebabkan amal kebaikan seseorang musnah seperti api yang memakan kayu bakar.

“Dari Abu Hurairah bahwa Nabi saw. bersabda: “Jauhilah hasad (dengki), karena hasad dapat memakan kebaikan seperti api memakan kayu bakar.” (HR Abu Dawud).

3.Kedengkian dapat memakan kebaikan dan sedekah dapat menghapus kesalahan.

“Dari Anas, bahwa Rasulullah saw (beliau) bersabda: “Kedengkian akan memakan kebaikan sebagaimana api memakan kayu bakar, dan sedekah akan menghapus kesalahan sebagaimana air dapat mematikan api. Shalat adalah cahaya seorang mukmin, sedangkan puasa adalah perisai dari api neraka.” (HR. Ibnu Majah).

4.Bahaya sifat dengki dalam hati seseorang

“Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah saw bersabda: “Tidak akan berkumpul di neraka, seorang muslim yang membunuh orang kafir kemudian bersikap istiqamah dan berlaku sederhana, dan tidak akan berkumpul dalam diri orang yang beriman, debu di jalan Allah dan panasnya Jahannam, dan tidak akan berkumpul di hati seorang hamba, keimanan dan rasa dengki.” (HR. an-Nasa’i).

5.Perasaan dengki merupakan perilaku yang dilarang oleh Allah SWT

“Dari Anas ra. yang berkata bahwa Nabi saw. bersabda: Janganlah kalian saling membenci, saling mendengki, saling memalingkan muka, dan saling memutuskan ikatan, dan jadilah kalian sebagai hamba-hamba Allah bersaudara. Tidaklah halal bagi seseorang muslim untuk mengabaikan dan tidak bertegur sapa dengan saudaranya lebih dari tiga hari. (Muttafaq 'alaih).

Itulah informasi singkat kumpulan hadist tentang dengki atau hasad yang harus dijauhkan dari diri kita. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan kita terhadap bahaya perasaan dengki. [suara]



[mediamuslim.org]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel