Gempa Bumi M 4,9 Guncang Garut



GELORA.CO - Gempa bumi tektonik berkekuatan M 4,9 mengguncang Kabupaten Garut dan sekitarnya pada Senin, 23 Agustus 2021 pukul 04.13 WIB. 

Titik gempa terletak pada koordinat 8.32 LS dan 107.58 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 93 km Barat Daya Garut-Jabar pada kedalaman 1 kilometer.

Kepala Balai Besar Meteorologi dan Klimatologi (BBMKG) Wilayah II Tangerang Hendro Nugroho menjelaskan, gempa bumi dangkal tersebut terjadi akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia.

"Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Pangandaran, Cijulang, Tata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu)," tulis Hendro dalam keterangan yang diterima detikcom.

Hingga saat ini, ujar Hendro, belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut. BBMKG pun mencatat, hingga pukul 06.00 WIB belum ada aktivitas gempa bumi susulan.

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi," pungkas Hendro.(detik)



[mediamuslim.org]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel