Misteri Jack Ma Sudah 'Menghilang' 10 Bulan

Jack Ma menghilang dari pandangan publik. Sebelumnya pemilik Alibaba dan Ant Group itu mengkritik regulator China pada konferensi di Shanghai pada Oktober 2020. 

KONTENISLAM.COM - Tak terasa sudah sekitar 10 bulan Jack Ma bisa dikatakan menghilang. Memang ia beberapa kali muncul, tapi tidak diketahui secara luas. Ia tidak pernah lagi bicara banyak seperti yang kerap ia lakukan dahulu dan lokasinya pun tidak diketahui dengan pasti.

"Jack Ma tidak pernah terlihat sejak akhir Oktober, jika yang disebut terlihat adalah benar-benar dapat diamati, terverifikasi oleh fotografer, di publik dan dalam kondisi bebas. Kita lebih tahu di mana dan seperti apa kondisi Alexei Navalny yang dipenjara Vladimir Putin, ketimbang Jack Ma," sebut News.com.au yang dikutip detikINET, Rabu (4/8/2021).

Oktober 2020 memang terakhir kali Jack Ma berpidato dan diliput luas ketika dia mengkritik sistem keuangan pemerintah China sudah usang. Sejak itulah dia tidak pernah tampil lagi dan dua perusahaannya, Alibaba serta Ant Group, diobok-obok oleh pemerintah China.
 
Januari silam, Jack Ma menampakkan diri setelah hampir 3 bulan absen dari pandangan publik. Sang pendiri Alibaba bertemu dengan 100 guru pedesaan di China melalui video meeting online, namun tak diketahui dia ada di mana.

Pertengahan April, ia muncul bareng Vladimir Putin. Dia menyempatkan diri menghadiri pertemuan online Russian Geographical Society. Akan tetapi seperti kemunculan sebelumnya, tidak diketahui persis di mana Jack Ma berada dan dia juga tidak berbicara sama sekali.

Pertengahan Mei, Jack Ma akhirnya muncul secara fisik di mana ia terlihat mengunjungi markas besar Alibaba di Hangzhou bertepatan dengan event tahunan perusahaan itu untuk para karyawan dan keluarganya. Namun tidak banyak rekaman dirinya berada di sana.

"Apa yang tidak kita ketahui adalah apa yang terjadi pada pria ini. Tidak ada dari kemunculannya itu menunjukkan tentang nasibnya yang sebenarnya, hanya menunjukkan fakta bahwa dia mungkin masih hidup," sebut kolumnis Forbes, George Calhoun.

Pada pertengahan Juni, Executive Vice Chairman Alibaba, Joe Tsai, yang juga sobat Jack Ma, membeberkan nasibnya, mungkin juga untuk menenangkan publik. "Dia menghindari sorotan pada saat ini,saya berbicara dengan dia setiap hari," kata Tsai.

Ia menambahkan Jack Ma saat ini gemar melakukan hobinya. "Dia sesungguhnya baik-baik saja, sangat baik. Dia melukis sebagai hobi, lukisannya cukup bagus," papar Tsai.
 
"Dia membangun perusahaan besar dengan skala seperti ini, dia melakukan hal-hal bagus buat masyarakat. Saya pikir hari ini dia hanya ingin berkata, hey, saya ingin fokus menghabiskan waktu sesuai yang saya inginkan, yang adalah berbagai hobi, filantrofi juga," imbuhnya.

Namun publik mungkin tidak akan puas dan masih bertanya-tanya sampai Jack Ma benar-benar muncul dan berbicara. Untuk saat ini, nasibnya memang masih berupa spekulasi.[detik]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel