Pembuat Mural Jokowi Tak Diproses, Irjen Argo: Ekspresi Masyarakat

Pembuat Mural Jokowi Tak Diproses, Irjen Argo: Ekspresi Masyarakat 

KONTENISLAM.COM - Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan Bareskrim Polri tidak akan menindaklanjuti maraknya aksi mural yang terjadi di sejumlah wilayah beberapa hari ini. Termasuk, mural yang mirip wajah Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan mata ditulis ‘404: Not Found’ di Tangerang, Banten.

“Untuk sementara, polisi tidak memproses kok,” kata Argo di Gedung Bareskrim pada Jumat, 20 Agustus 2021.

Menurut dia, Kepala Bareskrim Komjen Agus Andrianto juga sudah menyampaikan amanat Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahwa Polri tidak boleh reaktif dan responsif terhadap hal-hal seperti itu. Sebab, mural yang beredar merupakan bentuk ekspresi seni.

“Banyak kejadian kemarin di Tangerang, tentunya dari pihak kepolisian sesuai apa yang disampaikan Bapak Kabareskrim bahwa kita tidak represif, kita hargai ekspresi masyarakat dalam memberikan jiwanya yang dituangkan dalam suatu bentuk gambar,” ujarnya.

Selain itu, Argo menambahkan bahwa marak mural di beberapa wilayah merupakan bentuk ekspresi dari orang yang memiliki jiwa seni sehingga dituangkan dalam bentuk berbagai macam gambar atau lukisan.

Namun, Argo menyarankan supaya ekspresi seninya itu dituangkan pada tempat yang sesuai. “Kita apresiasi kepada anak-anak muda yang bisa memberikan inspirasinya yang dituangkan dalam bentuk lukisan, tapi itu juga harus di tempat yang semestinya,” tandasnya.

Gambar dinding atau mural di kawasan Jalan Pembangunan I, Kelurahan Bayu Jaya, Kecamatan Batu Ceper, Kota Tangerang, menjadi sorotan masyarakat dan pengguna jalan sekitar. Hal itu setelah tergambar wajah seseorang yang mirip Presiden Joko Widodo dengan tulisan kode '404:NOT FOUND'.

Yang mana diketahui, kode tersebut bermaksud pemberitahuan eror atau tidak ditemukan. Digambarkan pada dinding dengan ukuran 2x1 meter yang ada di kolong jembatan Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta, sosok tersebut berwarna abu-abu, hitam dan putih, dengan bagian mata yang diberikan garis merah tebal bertuliskan '404:NOT FOUND'.

Pihak Kelurahan Batu Jaya Kota Tangerang juga tidak tahu persis sejak kapan kemunculan mural tersebut. Lurah baru mendapatkan laporannya hari ini. “Umumnya pelaku mural kan dari komunitas yang tidak terdeteksi, karena beraksinya malam hari," kata Lura Batu Jaya, Jamaludin.

Kini, mural yang bergambar wajah mirip Presiden Jokowi dengan mata ditutupi tulisan ‘404: Not Found‘ sudah dihapus oleh aparat. Namun, kepolisian tetap melakukan penyelidikan untuk memburu siapa pembuat mural tersebut.

Sebelumnya diberitakan, Kepala Bareskrim Polri, Komjen Agus Andrianto mengatakan Presiden Jokowi tidak masalah terhadap mural yang menggambarkan mirip wajahnya dengan mata ditutupi tulisan ‘404: Not Found’ di Tangerang, Banten.

“Bapak Pesiden tidak berkenan bila kita Polri reaktif dan responsif terhadap hal-hal seperti itu,” kata Agus saat dihubungi wartawan pada Kamis, 19 Agustus 2021.

Selain itu, Agus mengatakan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga sudah mengingatkan jajaran Bareskrim Polri terkait penerapan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

“Bapak Kapolri Jenderal selalu mengingatkan kita dan jajaran terutama dalam penerapan UU ITE,” ujarnya.[viva]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel