Taliban Kuasai Kota Herat dan Tangkap Komandan Terkemuka Afghanistan Ismail Khan



GELORA.CO - Taliban berhasil menguasai Herat, kota terbesar ketiga di Afghanistan pada Jumat (13/8) sekaligus menangkap komandan lokal terkemuka, Mohammad Ismail Khan.

Khan, yang telah memimpin pejuang melawan Taliban dalam beberapa pekan terakhir, diserahkan kepada pemberontak bersama dengan gubernur provinsi dan pejabat keamanan di bawah sebuah pakta, menurut laporan anggota dewan provinsi, Ghulam Habib Hashimi.


Di bawah ancaman, pasukan pemerintah Afghanistan setuju untuk mundur dari bandara Herat dan markas komandan Korps Angkatan Darat, yang selama ini di bawah kendali mereka.

"Taliban setuju bahwa mereka tidak akan menimbulkan ancaman atau bahaya bagi pejabat pemerintah yang menyerah," kata Hashimi kepada Reuters.

Khan adalah salah satu panglima perang paling terkemuka di Afghanistan. Dikenal sebagai Singa Herat, ia memerangi penjajah Soviet pada 1980-an dan merupakan anggota kunci Aliansi Utara yang pasukannya didukung AS menggulingkan Taliban pada 2001.

Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid membenarkan bahwa Khan telah ditahan.

Foto dan video yang menunjukkan penangkapan Khan dibagikan secara luas di media sosial, meskipun foto itu belum bisa diverifikasi.(RMOL)



[mediamuslim.org]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Banner iklan disini