Viral Fenomena Ikan Berlompatan ke Darat di Banyuwangi Bukan Mistis, Begini Penjelasannya

Viral Fenomena Ikan Berlompatan ke Darat di Banyuwangi Bukan Mistis, Begini Penjelasannya 

KONTENISLAM.COM - Kemarin sebuah video viral ikan berlompatan ke darat dianggap aneh oleh warganet. Mereka lantas mengaitkannya dengan isyarat atau pertanda apa-apa.

Dalam video amatir yang tersebar di jagat maya, ikan sempenit atau ikan lemuru itu nampak berlompatan di sebuah dermaga di Marina Boom Banyuwangi. Mereka melompat dari air lalu dipunguti warga di darat.

Kondisi ini membuat warga yang melihatnya kegirangan. Dalam video amatir yang berdurasi 37 detik tersebut nampak sejumlah warga berbondong-bondong memunguti ribuan ikan tersebut.

Menurut Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Perikanan (Disper) Kabupaten Banyuwangi Suryono Bintang Samudera, kejadian itu merupakan fenomena yang umum terjadi dan tidak ada kaitannya dengan sebuah pertanda bencana alam.

"Sebenarnya itu bukan fenomena alam, mungkin karena permukaan airnya yang panas dan musim plankton sehingga ikan-ikan tersebut melompat-lompat ke daratan," katanya, dikutip dari suarajatimpost.com, jejaring media suara.com, Selasa (10/8/2021).

Kemungkinan lain, kata dia, ikan-ikan tersebut berterbangan kedaratan lantaran hendak dimangsa ikan predator. Mengingat ikan yang melompat-lompat tersebut berjenis Sempenit yang notabene adalah makanan ikan lumba-lumba.

"Karena ikan Sempenit ini kan ikan Lemuru kecil hidupnya bergerombol, apalagi sekarang sedang musim dan ikan itu kesukaan ikan lumba-lumba," tambahnya.

Sebelumnya beredar video ribuan ikan Sempenit yang berterbangan melompat kedermaga Yatch Pantai Marina Boom, Banyuwangi. Fenomena itu direkam oleh salah seorang warga, kemudian tersebar luas dan menjadi viral di media sosial.

"Panen-panen ayo panen, kemari-kemari kur kur kur. Huuuu panen-panen," riuh suara warga dalam video tersebut.

Nampak warga begitu gembira dengan kejadian langka yang baru saja terjadi tersebut.[suara]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Banner iklan disini