Deretan Pentolan Taliban Dalam Pemerintahan Baru Afghanistan



GELORA.CO - Kelompok Taliban telah mengumumkan susunan pemerintahan baru Afghanistan. 

Sejumlah veteran Taliban hingga daftar hitam PBB pun mengisi pos penting jabatan dalam pemerintahan baru tersebut.

Seperti dilansir AFP, Rabu (8/9/2021), Taliban mengumumkan pemerintahan baru Afghanistan pada Selasa (7/9) kemarin. Mereka juga sekaligus memperkenalkan siapa saja yang bakal berada dalam kabinet pemerintahan baru Afghanistan.

Mulai dari jabatan Perdana Menteri Afghanistan hingga Menteri Pertahanan Afghanistan juga diisi oleh veteran kelompok Taliban. Namun, Beberapa pos kabinet belum diumumkan.

Berikut ini jabatan yang diisi oleh para veteran Taliban:

1. Perdana Menteri Afghanistan, Mohammad Hassan Akhund

Mullah Mohammad Hassan Akhund terpilih menjadi Perdana Menteri baru Afghanistan. Sebelumnya, Mohammad Hassan merupakan seorang veteran Taliban yang merupakan rekan dekat dan penasihat politik Mullah Omar, pendiri gerakan dan pemimpin tertinggi pertama Taliban.

Dia juga pernah menjabat sebagai wakil menteri luar negeri di rezim mereka sebelumnya. Kini dia ditempatkan pada daftar hitam Dewan Keamanan PBB yang terkait dengan "tindakan dan kegiatan" Taliban.

2. Wakil Pemimpin Pemerintahan Afghanistan, Abdul Ghani Baradar

Abdul Ghani Baradar ditunjuk sebagai Wakil Pemimpin Baru Pemerintahan Afghanistan. Dia merupakan sosok veteran Taliban yang dibesarkan di Kandahar -- tempat kelahiran gerakan Taliban.

Abdul Ghani sempat ditangkap di Pakistan pada tahun 2010. Dia dibebaskan pada 2018 dan dipindahkan ke Qatar.

Saat itulah dia sempat ditunjuk sebagai kepala kantor politik Taliban. Dia diberi tugas untuk mengawasi penandatanganan perjanjian penarikan pasukan dengan Amerika Serikat.

Abdul Salam Hanafi ditunjuk oleh Taliban menjadi Wakil Pimpinan lainnya. Dia juga merupakan daftar hitam PBB.

Hanafi sebelumnya pernah menjabat Wakil Menteri Pendidikan saat Taliban terakhir berkuasa. Ketika itulah, Hanafi secara efektif mulai memblokir anak perempuan dari sekolah.

Tak hanya itu, Dewan Keamanan PBB juga menuduhnya terlibat dalam perdagangan narkoba.

4. Menteri Dalam Negeri Afghanistan, Sirajuddin Haqqani

Sirajuddin Haqqani merupakan putra dari seorang komandan terkenal dari jihad anti-Soviet dan pimpinan jaringan Haqqani. Dia kini ditunjuk oleh Taliban untuk menduduki poisi Menteri Dalam Negeri Afghanistan.

Jaringan Haqqani lama dikenal sebagai salah satu faksi militan paling berbahaya di Afghanistan. Bahkan, Departemen Luar Negeri AS sempat menawarkan hadiah jutaan dolar untuk informasi yang mengarah pada penangkapannya.

5. Menteri Pertahanan Afghanistan, Mullah Yaqoob

Veteran Taliban lainnya yakni Mullah Yaqoob. Dia adaah putra dari salah satu pendiri kelompok Taliban, Mullah Omar.

Mullah Yaqoob kini ditunjuk oleh Taliban untuk menjadi Menteri Pertahanan Afghanistan. Sebelumnya Yaqoob merupakan kepala komisi militer Taliban yang bertugas mengawasi jaringan luas komandan lapangan yang ditugaskan untuk mengekskusi pemberontakan.(detik)



[mediamuslim.org]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel