HEBOH Patung Naga di Bandara Baru Yogyakarta, Pembuat Akui Memang itu Ikon Naga China, Clear Ya Bukan Naga Jawa, Dari Tampilannya Memang Beda Kok

Keberadaan patung naga raksasa di bandara baru Yogyakarta HEBOH Patung Naga di Bandara Baru Yogyakarta, Pembuat Akui Memang itu Ikon Naga China, Clear Ya Bukan Naga Jawa, Dari Tampilannya Memang Beda Kok
[PORTAL-ISLAM]  Keberadaan patung naga raksasa di bandara baru Yogyakarta, Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) Kulon Progo, DIY menjadi heboh setelah Jubir Partai Ummat Mustofa Nahrawardaya mengunggah foto patung naga itu di akun twitternya.

Lalu seperti biasa para buzzeRp antek China kepanasan dan balik menyerang Mustofa Nahrawardaya dengan argumen bahwa patung naga itu adalah naga Jawa. Mustofa Nahrawardaya dituding tidak tahu sejarah naga jawa, bahkan dituding provokasi dengan mengaitkan China.

TAPI TERNYATA... seniman pembuat patung justru mengakui bahwa patung naga di bandara Jogja itu diambil dari ikon naga China. Bahkan patung itu diberi nama "Patung Naga Jalur Sutra". Anda pasti tahu "Jalur Sutra" itu ya identik China.

Dilihat dari desain dan bentuknya, juga terlihat beda mana Naga China dan Naga Jawa.

Dilansir detikcom, sosok seniman di balik patung naga itu pun buka suara soal inspirasi karyanya.

Adalah seniman Tri Suharyanto yang membuat patung naga yang diberi nama Patung Naga Jalur Sutra. Tri mengatakan ia tak semata-mata hanya membuat sosok naga dari mitologi China. Namun, ada cerita di balik pembuatan karya itu.

"Jadi sebenarnya tidak semata-mata saya menggunakan ikon naga China terus ada huruf-huruf China ada peta kuno di bawah naga, sebenarnya ada maksud tujuan. Saya lebih kepada ingin mengulik kembali tentang sejarah," kata Tri saat dihubungi wartawan, Jumat (31/12/2021).

Tri menyebut inspirasinya berasal dari penemuan peta kuno yang ditemukan oleh pemerintah China di salah satu percetakan tua. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Banner iklan disini