Marina Budiman, Wanita Terkaya Indonesia versi Forbes 2021 dengan Harta Rp21,45 Triliun, Bisnisnya Data Center

Forbes baru saja merilis daftar orang terkaya di Indonesia tahun Marina Budiman, Wanita Terkaya Indonesia versi Forbes 2021 dengan Harta Rp21,45 Triliun, Bisnisnya Data Center
[PORTAL-ISLAM] Forbes baru saja merilis daftar orang terkaya di Indonesia tahun 2021. Sebagian besar, para miliuner ini adalah laki-laki dan hanya ada 3 wanita Indonesia yang memiliki peringkat di daftar tersebut.

https://www.forbes.com/indonesia-billionaires/list/

Perempuan dengan kekayaan tertinggi versi Forbes di Indonesia tersebut ialah Marina Budiman, yang berada di posisi 30. 

Dengan peringkat tersebut, Marina menjadi wanita terkaya di Indonesia. Kekayaan perempuan berusia 60 tahun ini tercatat mencapai USD1,5 miliar atau sekitar Rp21,45 triliun.

Lantas, siapakah sebenarnya sosok Marina Budiman? 

Diketahui, sosok Marina adalah Presiden Komisaris PT DCI Indonesia. 

PT DCI Indonesia Tbk merupakan perusahaan penyedia layanan data center di Indonesia

Mengutip laman DCI Indonesia, Marina Budiman pernah berkuliah di University of Toronto, Kanada. Pada tahun 1989, dirinya menjadi Project Manager Sigma Cipta Caraka dan menjadi CFO perusahaan pada tahun 2000.

Kemudian, tahun 1994, Marina mendirikan Indo Internet (Indonet), provider internet pertama di Indonesia, bersama rekannya Toto Sugiri. Pada tahun 2011, Marina bersama Toto Sugiri mendirikan DCI Indonesia.

PT DCI Indonesia diketahui bergerak di bidang layanan data cloud. Sejak melantai di Bursa Efek Indonesia pada awal Januari, saham perusahaan dengan kode DCII ini meroket 9.400%, dari yang awalnya Rp420 per saham saat IPO menjadi Rp39.500 per saham.

Hingga saat ini, DCI telah memiliki klien perusahaan internasional maupun lokal, termasuk tiga cloud service providers global, 7 platform e-commerce termasuk di dalamnya platform e-commerce terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara, lebih dari 30 penyedia layanan telekomunikasi, 124 pelanggan dari industri keuangan (mencakup bank-bank ternama dari Amerika Serikat, Asia Tenggara dan Indonesia), serta lebih dari 100 pelanggan dari berbagai industri.

Tiga Pendiri PT DCI Masuk Deretan 50 Orang Terkaya di Indonesia versi Forbes

Tiga pendiri perusahaan pusat data PT DCI Indonesia Tbk (DCII) masuk deretan 50 orang terkaya di Tanah Air versi Forbes. Majalah bisnis Forbes merilis daftar orang kaya terbaru pada 16 Desember 2021.

Tiga pendiri DCI itu adalah Otto Sugiri, Marina Budiman, dan Han Arming Hanafia

Adapun Otto memiliki kekayaan sebanyak US$ 2,5 miliar. Dia berada di peringkat 19 sebagai orang terkaya di Indonesia. 

Sedangkan Marina Budiman menempati posisi 30 dan termasuk perempuan terkaya di Indonesia. Hartanya tercatat sebanyak US 1,5 miliar.

Sementara itu Han Arming Hanafia menempati urutan ke-37 sebagai orang terkaya di Indonesia. Jumlah kekayaannya adalah US$ 1,19 miliar.

Adapun PT DCI Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri penyedia jasa penyimpanan data server atau hosting alias pusat data cloud. DCI didirikan pada 18 Juli 2011 dan per 31 Agustus 2020 tercatat memiliki 96 karyawan.

Mengutip laman resmi perusahaan, DCI diklaim merupakan pusat data tier-IV pertama di Asia Tenggara. Sebagai perusahaan yang sedang berkembang, DCI sedang meningkatkan pelayanan dan dan menambah gedung dengan total daya 300 MW.

DCI Indonesia mencatatkan saham perdananya pada Januari 2021. Pada penutupan perdagangan Jumat, 17 Desember, harga saham DCI berhenti di posisi 39.500.

Sejak melakukan penawaran umum perdana atau Initial Public Offering (IPO), harga saham DCI melonjak lebih dari 100 kali lipat. Kondisi itu menjadikan perusahaan tersebut sebagai top gainer di pasar saham Indonesia dan kontributor terbesar kedua untuk kenaikan 12 persen di dalam IHSG tahun ini.

____
*Sumber:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Banner iklan disini