Duet Anies-Ridwan Kamil Dinilai Bisa Jadi Kekuatan di Pilpres 2024

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jabar Ridwan Kamil berada di urutan terti Duet Anies-Ridwan Kamil Dinilai Bisa Jadi Kekuatan di Pilpres 2024
[PORTAL-ISLAM] Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jabar Ridwan Kamil berada di urutan tertinggi untuk mendapatkan dukungan publik Jawa Barat untuk menjadi pasangan di Pilpres 2024. Hal itu terlihat dari hasil survei yang dirilis SMRC kemarin.

Duet Anies Baswedan dan Ridwan Kamil dinilai bakal menjadi lawan berbahaya bagi Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo. 

"Dari hasil survei mengenai elektabilitas tokoh nasional di Jabar, kalau kemudian Anies dan RK (Ridwan Kamil) ini menjadi satu pasangan ini bukan main kuatnya," kata pengamat politik Universitas Paramadina Hendri Satrio dalam keterangan yang diterima, Rabu (16/2/2022).

Selain dalam survei SMRC, nama Anies Baswedan dan Ridwan Kamil juga kerap muncul di berbagai lembaga survei lainnya. Bahkan, keduanya selalu bertengger pada urutan atas.

Hendri Satrio yang juga pendiri KedaiKOPI itu mengatakan Jabar merupakan lumbung suara terbesar di tingkat nasional. Dikutip dari jabarprov.go.id. jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di Jabar sebanyak 32,6 juta jiwa pada Pemilu lalu.

Hendri Satrio menyebut jika parpol melihat potensi pasangan Anies-Ridwan Kamil, maka duet ini menjadi ancaman serius untuk Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo yang juga kerap menjadi pesaing di survei calon presiden (capres).

"Kalau kemudian Anies dipasangkan dengan RK ini menjadi pasangan yang bisa menjadi unggulan pada saat Pilpres," kata Hendri Satrio.

"Jadi kesimpulannya yang pertama hati-hati dengan pasangan Anies Baswedan dan Ridwan Kamil," kata Hendri Satrio menambahkan.

Diberitakan sebelumnya, SMRC merilis hasil survei mengenai elektabilitas tokoh nasional di Jawa Barat. Dalam simulasi empat nama calon presiden, dukungan untuk Prabowo Subianto 21,9 persen, Anies Baswedan 19,3 persen, dan Ganjar Pranowo 17,8 persen. Dan, Ridwan Kamil menjadi yang terkuat dengan elektabilitas 22,2 persen.

Pada kategori pilihan top of mind atau jawaban spontan, masih ada 43 persen responden yang menjawab 'tidak tahu' atau tidak menjawab. Ridwan Kamil meraih 13 persen, Anies Baswedan 12,2 persen, Prabowo Subianto 12 persen dan Ganjar Pranowo 10 persen, sementara nama-nama lain di bawah 3 persen.

Survei yang dilakukan dengan metode wawancara ini berlangsung pada 5-8 Februari 2022 dengan melibatkan 801 responden. Survei ini menggunakan asumsi simple random sampling dengan margin of error kurang lebih 3,5 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.[DETIK]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Banner iklan disini