“Aku bolehkan semua yang haram padamu”

Jilani pasti tak asing dengan kalimat yang termaktub dalam salah satu sketsa perjalanan hi “Aku bolehkan semua yang haram padamu”
Kita yang pernah atau rutin membaca Manaqib Syekh Abdul Qadil al-Jilani pasti tak asing dengan kalimat yang termaktub dalam salah satu sketsa perjalanan hidup Sang Syekh.

“Aku bolehkan semua yang haram padamu.” Demikian arti kalimat tersebut yang didengar oleh Sang Syekh di tengah malam gelap gulita di tanah lapang yang tetiba menjadi terang benderang seperti siang.

“Menyingkirlah engkau, Makhluk terlaknat!” hardik Syekh. Tetiba tempat itu yang sempat terang-benderang kembali gelap-gulita.

Lalu terdengar suara lagi: “Syekh engkau selamat dari godaanku ini karena engkau memahami betul prinsip dan pakem-pakem syariat. Padahal, trik ini sudah aku pakai untuk menyesatkan 70 orang yang sudah sampai pada level makrifat.”

Kesimpulannya, semakin tinggi derajat seseorang, semakin tinggi godaanya. Kalau lolos godaan lahir, maka godaan batin siap menanti. Kita hanya bisa memohon perlindungan dari Allah agar kita selamat dunia-akhirat.

(Syarif Hade)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Banner iklan disini