KAGET...!! Perbandingan Harga Minyak Goreng di USA vs Indonesia πŸ€”

Nih buat yang tanya melulu pinisirin harga minyak di USA yah KAGET...!! Perbandingan Harga Minyak Goreng di USA vs Indonesia πŸ€”
Harga minyak goreng di USA vs Indonesia πŸ€”

Oleh: Dewi Kreckman (WNI di AS)

Nih buat yang tanya melulu pinisirin harga minyak di USA yah, saya upload detilnya. Saya beli di Costco karena paling deket ama rumah. Sekitar 300 meteran lah. Costco ini harga grosir. Kalo beli di supermarket lain seperti Meijer dan Walmart lebih mahal.

Untuk 2 botol minyak isi 2,84 liter (total 5,68 lt) harga 11.4 USD atau sekitar Rp 164.000 yah. Berarti harga perliter sekitar Rp 29.000

Harga per liter di USA sedikit lebih mahal dibandingkan Indonesia. 

TAPI....jangan lupa bahwa untuk orang Amerika harga minyak goreng per liter harga Rp 29.000 itu murah karena UMR di USA sekitar 1,800 sampai 2,200 USD atau kurang lebih Rp 26 Juta - Rp 32 Juta perbulan.

Kalo orang Indonesia beli minyak goreng harga Rp 20.000 - Rp 25.000 per liter itu mahal banget karena UMR di Indonesia cuma Rp 2 Juta - Rp 5 Juta.

Biar mudah dipahami dibawah saya bikin kalkulasi kasar yah, angka saya bikin kira kira dan saya bulatkan.

πŸ‘‰Indonesia: UMR sekitar 4 jutaan, harga minyak goreng per liter sekitar 20 ribuan. Gaji satu bulan dapet 200 liter.

πŸ‘‰USA: UMR sekitar 30 jutaan, harga minyak goreng per liter sekitar 30 ribuan. Gaji Satu bulan dapat 1000 liter.
 
Indonesia : USA
200 : 1000
1 : 5

Dan ketika kita tau bahwa Indonesia punya kebun sawit terbesar dunia, harga minyak goreng yang mahal dan langka itu MENGENASKAN πŸ₯΅

Apalagi proses pembebasan lahan sawit banyak merugikan rakyat dengan "kebakaran hutan" yang terindikasi disengaja oleh oknum perusahaan sawit (dan kemudian bebas lepas tanpa pertanggungjawaban). Dan kematian satwa liar, banjir, gangguan asap berminggu minggu menyebabkan korban jiwa dan harta (tanpa ada pihak bertanggung jawab mengganti kerugian).

Karena praktek bisnis hitam sawit Indonesia ini akhirnya produk sawit Indonesia tidak bisa ekspor ke Eropa. Gue ngomong gini bukan karena gue propaganda anti rezim atau beda pilihan politik. Tuh masa banyak negara Eropa yang boikot produk sawit Indonesia juga anti Jokowi??? Capedeee... 

Berikut contoh artikel tentang pencekalan import produk sawit Indonesia ke Eropa:

Jadi kita harus faham konteks ketika bandingkan harga. Tidak bisa apple to apple harga USA vs Indonesia yah.

Love from USA ❤

(Dewi Kreckman)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Banner iklan disini