PEMENANG UNOFFICIAL HALAL LOGO CHALLANGE - MEMADUKAN ICON GARUDA

PEMENANG UNOFFICIAL HALAL LOGO CHALLANGE PEMENANG UNOFFICIAL HALAL LOGO CHALLANGE - MEMADUKAN ICON GARUDA
PEMENANG UNOFFICIAL HALAL LOGO CHALLANGE PEMENANG UNOFFICIAL HALAL LOGO CHALLANGE - MEMADUKAN ICON GARUDA
PEMENANG UNOFFICIAL HALAL LOGO CHALLANGE PEMENANG UNOFFICIAL HALAL LOGO CHALLANGE - MEMADUKAN ICON GARUDA
Bismillahirrahmanirrahim

PEMENANG UNOFFICIAL HALAL LOGO CHALLANGE !!!

Alhamdulillah, pemenang unofficial halal logo challange (dengan hadiah Rp 6 Juta) sudah diputuskan. Selamat untuk mas Icuk Riyanto / dengan akun facebook Hati Yang Terdalam atau akun IG https://www.instagram.com/icuk_irdiyadesign/

Pemenang Logo Halal ini menggabungkan Burung Garuda sebagai icon yang mewakili Indonesia dengan text حلال yang dibuat simple agar mudah dibaca dan warna latar Hijau.

Langsung aja poin-poin alasan kenapa logo ini pantas menjadi juara unofficial halal logo challange karena: 

Logo Halal MUI yang lama sudah dipakai puluhan tahun lamanya...artinya selama itu proses "branding" logo halal MUI terus berjalan. Orang di saat di swalayan, liat produk begitu ada buletan hijau kecil dengan tulisan arab, langsung merasa aman karena kehalalannya sudah terjamin MUI. Orang saat lewat resto, liat di etalasenya ada buletan ijo langsung merasa aman.. 

Sehingga untuk redesign logo yang sudah melekat begitu kuatnya di benak masyarakat, kita sebaiknya jangan membuat design yang benar-benar berbeda secara signifikan. Karena itu akan membuat bingung meskipun udah sosialisasi di media dll tapi banyak pelosok-pelosok yang belum terjangkau media. Dan kalopun di logo tsb ada tulisan Halal Indonesia, akan masih berasa aneh bagi yang sudah terbiasa melihat bulatan hijau dengan huruf arab. Redesign logo oleh brand-brand besar pun banyak yang tidak meninggalkan ciri khasnya sehingga tetap masih ada benang merahnya untuk dikenali. Seperti yang bisa di lihat di versi badge, logo ini tidak meninggalkan kekhasan logo halal MUI sehingga dalam jarak jauh, cepat langsung bisa dikenali dan sesuai fungsi.

Tetapi, hal itu saja tdk cukup. Butuh sentuhan konsep yang simple, tapi powerfull. Dan itu ada di dalam logo ini. Logo ini menggunakan teknik negative space - ruang kosong yang membentuk tulisan حلال dengan sentuhan manis kepala garuda yang mana bener-bener merepresentasikan negara kita, tidak condong ke satu daerah saja dan tereksekusi dengan sangat cantik dan proporsional. Menghadap ke kanan dengan sayapnya yang melebar sampai atas yang cukup digambarkan dengan gradasi warna. Smart!

Kalo sekilas pertama mungkin kepala garuda gak langsung terlihat tapi kalo diperhatikan kepala itu jadi nampak, sehingga seakan-akan ada hidden message yang terkandung di logo ini tapi tanpa harus perlu diceritakan. Logo ini sudah bercerita sendiri secara visual dengan gamblang. Ada beberapa kontestan lain yang mempunyai konsep yang serupa tetapi tidak ada yang bisa menandingi logo ini dalam hal eksekusinya. 

Pertimbangan lain, seperti yang temen-temen tau, logo ini jumlah likes terbanyak dengan 540an likes di hari penentuan kemaren, dan juga di IG dengan hashtag #halallogochallenge logo ini juga yg mendapatkan likes dan komen terbanyak dengan total 620 likes.. padahal kalo dilihat akun mas icuk, followernya masih ratusan. Jadi hal ini memutuskan mitos bahwa follower banyak pasti gampang menang.. blm tentu juga kan? 🙂

Saya ucapkan banyak terima kasih buat semua teman-teman yang sudah berpartisipasi, insyaAllah ga ada yang sia-sia dan partisipasi teman-teman tercatat menjadi kebaikan insyaAllah.. saya tau pasti ada yang merasa kecewa, tapi ya itulah sayembara, ada yang menang dan ada yang kalah. Kita tidak bisa menyenangkan semua pihak 🙂

Terimakasih juga saya ucapkan kepada para donatur-donatur yang percaya menitipkan ke saya hingga terkumpul Rp6,5jt. Semoga dibalas dengan segala kebaikan dan keberkahan ya teman2 🙏 🙏 🙏 

Oke terakhir, Saya ucapkan mohon maaf kepada pihak-pihak yang merasa terganggu oleh unofficial halal logo challenge ini... mungkin jadi membuat gaduh di sosmed, dan wall-wall dipenuhi logo ijo2 semua.. 😃 Ga ada niatan sama sekali utk membuat perlawanan.. Siapa saya, ga ada koneksi ke pihak-pihak yang berwenang dan dari sejak awal emang ga ada niatan untuk menandingi dengan berharap logonya diganti, kalo saya anak presiden mungkin bisa jadi ya wkwk.

Seperti yang saya bilang di awal, tujuan diadakan challenge ini ya sesuai namanya, yaitu tantangan buat temen-temen yang merasa bisa menuangkan jiwa kreatif nya untuk membuat logo halal, ayuk kita gass. Supaya bisa mengedukasi bahwa kritikan pun bisa disampaikan lebih elegant dengan cara membuat karya... masalah nanti karyanya mau diapakan, ya kita jadikan kenangan dan bukti ternyata orang-orang Indonesia kalo dikumpulkan, diberi wadah dan diberi reward, ternyata hebat2!

Ttd

(Aryo Pamungkas/Penyelenggara)

[IG - Pemenang]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Banner iklan disini