Tere Liye: Jangan Serakah, Ada Banyak Sekali Yang Bisa Memimpin Negeri Ini

 dsbgnya yang pantas memimpin negeri ini Tere Liye: Jangan Serakah, Ada Banyak Sekali Yang Bisa Memimpin Negeri Ini
Jangan Serakah

1. Bukan hanya Jokowi, SBY, Megawati, dll, dsbgnya yang pantas memimpin negeri ini. Bukan cuma mereka yang punya kualifikasi tsb. Apalagi Luhut, dkk, wah, wah, ada buanyak sekali yg bisa memimpin negeri ini.

2. Apapun ide menunda, memperpanjang, apalagi memberikan periode ke-3 utk orang2 yg sudah menyelesaikan 10 tahun presiden/wapres, adalah ide busuk. Orang2 ini pura2 lupa, heh, cukuplah Soeharto yang begitu.

3. Kamu harus tahu, Soeharto dulu itu di awal2 mimpin wow banget. Dia adalah Presiden yg lahir di pondok geribik bambu. Sederhana. Merakyat. Begitu dicintai. Bikin swasembada pangan, Indonesia mengaum. Apa hasilnya setelah 10, 20 tahun memimpin? Korupsi, kolusi, nepotisme muncul di mana2.

4. Pola yg sama akan terjadi jika Jokowi, dkk kamu kasih kesempatan gila ini. Bahkan belum genap 10 tahun, anak, mantu, dll mereka sudah mulai kemana2. Kekuasaan itu cenderung korup, my friend. Bikin haus. Seperti meminum air laut. Bukannya lega, tapi terus haus.

5. Politisi yang merancang, kasak-kusuk, bisik2, terus bergerilya memberikan wacana agar pemilu ditunda, diundur, lebih2 diberikan kesempatan periode 3x adalah politisi yang duh Gusti, merekalah sumber penyakit di negeri ini. Kamu teh kok segitunya sih 'menjilat'? Apa sih kepentingan kamu?

6. GANTIAN! Kamu tuh bukan dewa. Kamu tuh cuma manusia. Dan persis kamu turun dari jabatan. Kamu bersiaplah dinyinyirin panjang. Syukur2 tdk ada kasus.

7. Apa susahnya sih melihat realitas gantian ini? Banyak sekali yg bisa menggantikan kamu. Dan Indonesia boleh jadi lebih baik. Berhentilah halu merasa kamu yg terbaik. Justru boleh jadi kamu tuh bakal mengalami post power syndrome berat saat tdk lagi berkuasa. Pastikan kamu tdk depresi deh.

8. Hal2 begini seharusnya sudah selesai. Kecuali bagi orang2 hipokrit. Berbual bilang demi tanah air, demi bangsa dan negara, tapi sejatinya demi terus berkuasa. Demi menjaga proyek2, demi cuan, demi jabatan, demi posisi, demi dirinya doang.

9. Indonesia ini butuh sekali orang2 yg terus mau berpikir obyektif, lurus, tanpa kepentingan apapun. Atau lama2, kita balik mundur ke era lama. Ayo, kamu2 mulai bersuara.

(By Tere Liye)

*fb penulis 03/03/2022

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Banner iklan disini