Dukunnya ambyar, yang percaya ambyar kuadrat!

Dukunnya ambyar, yang percaya ambyar kuadrat!
Dukunnya ambyar, yang percaya ambyar kuadrat!

Oleh: Tere Liye

Akun Tere Liye itu sering memposting soal dukun. Bukan apa2, lucuk soalnya. Setiap diposting, selalu ada yg marah2. 

Baiklah, akan kami berikan saran buat dukun2, fans dukung, dan orang2 percaya dukun sbb:

1. Katanya dukun bisa nyari benda2, orang2 hilang.

Heh, Kun, kalau kamu memang sakti nyari beginian, mending kamu nyari cadangan emas di mana gitu. Nyari minyak bumi, batubara. Lihat tuh harga minyak sudah mau 100 dollar per barrel. Elu nemu cadangan 10 atau 20 juta barel kan cuan. Elu malah nyari benda2 hilang. Lah, elu HP nya keselip saja pusing nyari sendiri.

2. Katanya dukun bisa ngatur2 hujan

Ini juga menarik, Kun. Kalau elu memang jago, mending elu bikin obyek wisata yang selalu turun hujan. Atau bikin padang pasir buatan karena elu bisa ngatur 10.000 tahun nggak hujan2. Sayangnya, elu itu ngatur kencing saja tdk bisa. Apalagi pas mau boker, elu bisa tahan? Keciprit iya. Dukun kok keciprit, kan lucuk.

3. Katanya dukun bisa ngirim santet, teluh

Astaga. Kun, kalau elu memang jago banget beginian, bisa tolong santet saja itu buronan, penjahat perang, dan semua orang2 jahat lainnya. Seriusan, FBI, CIA, MI6, dan semua agen rahasia dunia butuh bantuan elu. Termasuk agen pulsa, mereka butuh orang sakti buat ngirim2 sesuatu secara goib.

4. Katanya dukun itu bisa meramal

Bukan main, Kun. Kalau elu itu sakti banget, kenapa elu nggak meramal diri sendiri saja? What? Kekuatan elu nggak mempan kalau buat diri sendiri. Wah, itu sih kekuatan abal2. Atau elu ngeles dong? Kun, kun, meramal hidup elu sj nggak bisa, kok gaya meramal hidup orang lain.

Pada akhirnya, Kun, juga para fans2 dukun, seriusan deh, HP sudah smart, kok pola pikirmu itu masih begini? Kamu bangga dan mengira itu tradisi budaya bangsa yg perlu dilestarikan? Kearifan lokal? Boleh sih. Bebas saja.  Tapi seriusan, masa' kalian masih sibuk ngobyek, nunggu panggilan, orderan dari orang sih? Katanya dukun itu sakti2, orang pintar, tapi nyari makan saja masih begitu. Sakti dimananya?

*NB: jika kalian muslim, beragama Islam juga agama2 samawi, maka hukum dukun sudah final! Pendapat elu nggak penting lagi.

(sumber: fb Tere Liye)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Banner iklan disini