BACA NIH... Kerugian Ekonomi Gara-gara Minuman Alkohol di AS Mencapai Rp 3.600 Triliun per Tahun! Ngeyel!

juta penduduk AS sekarang yg masuk kategori BACA NIH... Kerugian Ekonomi Gara-gara Minuman Alkohol di AS Mencapai Rp 3.600 Triliun per Tahun! Ngeyel!
Ngeyel

By Tere Liye*

1. Di AS, tahun 2021, penjualan minuman keras adalah 4.200 trilyun. Cukup 2 tahun, lunas utang Indonesia.

2. 85% penduduk AS (usia 18 tahun ke atas) pernah minum minuman keras.

3. Ada 15 juta penduduk AS sekarang yg masuk kategori Alcohol Use Disorder (Penyakit kronis yang ditandai dengan minum dan ketertarikan tak terkendali terhadap alkohol). Kasihan lihatnya. Ketergantungan deh. Butuh terapi.

4. Ada 95.000 per tahun yang tewas terkait alkohol, mulai dari kecelakaan, dll, dsbgnya.

5. Kalian tahu berapa kerugian ekonomi gara-gara banyak pemabuk di AS? 3.600 trilyun per tahun. Mulai dari kinerja, produktivitas menurun, hingga biaya RS, biaya ini, itu terkait pemabuk-pemabuk ini.

6. Ada 7,5 juta anak-anak di AS yang tinggal bersama orang tua pemabuk. Bukan main.

7. dstnya, dsbgnya

Data-data dan fakta ini valid, dari lembaga-lembaga resmi AS. Wow deh, mereka tahu persis betapa serius masalah mabuk ini bagi mereka. Tapi mau bagaimana lagi, resiko kebebasan. Liberal gitu loh. Rakyat mau bebas mabuk, maka begitulah jadinya.

Dan lucunya, mari kita ulangi poin nomor 1.

1. Di AS, tahun 2021, penjualan minuman keras adalah 4.200 trilyun. Cukup 2 tahun, lunas utang Indonesia.

Kalian tahu maksudnya?

Siapa sih yang tertawa bahak saat alkohol legal, dan banyak pemabuk di sana? Yang tertawa adalah kapitalisnya. Bayangkan duit segitu banyak, mereka yang menikmatinya.

Pun sama jika besok-besok ganja dilegalkan di seluruh AS, ehem, siapa yang tertawa bahak? Kamu sih cuma pemakai, kamu sih memang tertawa pas makainya, rekreasi, ngeganja deh. Tapi kapitalis, mereka benar-benar tertawa lebar. Dan boleh jadi, mereka dan keluarganya secuil pun tidak menyentuh barang-barang ini.

Belajarlah dari fakta-fakta soal minuman keras ini di AS. Harga yang harus dibayar dari kebebasan. Dan ehem, konon katanya minuman keras itu sangat bermanfaat loh, sangat bergizi, bagus sekali. Coba tanyakan ke pemabuk pasti begitu argumen mereka. Pun pendukung ganja, wah, menurut mereka, 100% ganja itu tidak ada efek fisik dan kejiwaan ke pemakai. Malah bagus banget. Habis pakai, bisa jadi Superman, deh. Suer deh.

Dan terakhir,

Kamu tahu siapa yang paling sedih, menangis saat kamu jadi pemabuk berat? Saat kamu besok-besok jadi konsumen ganja tingkat tinggi?

Keluarga kamu. Orang-orang yg mencintaimu. Merekalah yang menangis.

30/06/2022

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Banner iklan disini