Cukup Jual 1 BUMN, Lunas SEMUA UTANG Indonesia

saya suka membaca laporan keuangan perusahaan Cukup Jual 1 BUMN, Lunas SEMUA UTANG Indonesia
Cukup Jual 1 BUMN, Lunas SEMUA UTANG Indonesia

By Tere Liye

Sebagai akuntan, saya suka membaca laporan keuangan perusahaan-perusahaan besar. Baca detail. Kayak baca novel deh. Ratusan halaman, dibaca. 

Nah, mari kita simak laporan keuangan BUMN yang satu ini. Laporan tahun 2021. Dimiliki 98% oleh negara.

Berapa pendapatan/revenue mereka tahun 2021? Rp 5.900 trilyun. Sadis. Berapa laba-nya? Rp 1.625 trilyun. Gilak! Cukup beroperasi 5 tahun, lunas utang Indonesia. Berapa kontribusi pajak dan zakat BUMN ini? 1.400 trilyun.

Berapa asetnya? Rp 8.500 trilyun. Mantappp. Jika kalian tidak mau menunggu 5 tahun, jual saja deh BUMN ini, lunas sudah utang Indonesia. 

BUMN ini meski penghasilannya 5.900 trilyun, wah karyawannya cuma 66.000 orang. Itu rasio karyawan terhadap revenue, pun terhadap laba, tinggi sekali. Artinya apa? Itu karyawan ada gunanya! 

Demikianlah BUMN yang satu ini. Hebat sekali. 

BUMN Aramco. Arab Saudi.
saya suka membaca laporan keuangan perusahaan Cukup Jual 1 BUMN, Lunas SEMUA UTANG Indonesia
___
*NB: pada satu titik, kita itu kadang mudah sekali terpesona oleh pencitraan tingkat tinggi. tapi nyatanya, kosong saja. Malu saat dibandingkan tetangga. Indonesia ini dibandingkan Malaysia saja dalam banyak aspek terjungkal. Ngomongin BUMN? Dibandingkan Aramco? Lunas utang Indonesia oleh Aramco sendirian. Dan kita tetap terpesona deh. merasa negeri makmur, subur, indah, kaya. padahal ehem, kamu menikmati minyak goreng murah di sini? padahal jutaan hektare tanah negara dikasihkan ke perusahaan2 sawit? lanjutkanlah menjilati idol2 politik kalian. Teruskan bertengkar saling memaki deh.

(fb Tere Liye)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Banner iklan disini