Survei: Mayoritas Responden Lebih Suka Anies-RK

Lembaga survei Indonesia Polling Station Survei: Mayoritas Responden Lebih Suka Anies-RK
[PORTAL-ISLAM]  Lembaga survei Indonesia Polling Station (IPS) merilis hasil survei simulasi jika Anies Baswedan dipasangkan dengan sejumlah tokoh nasional di Pilpres 2024. 

Hasilnya, Anies lebih disukai jika berpasangan dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) daripada dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Survei dilaksanakan pada 7 sampai 17 Oktober di 34 Provinsi di Indonesia dengan melibatkan 1.200 responden. Kriteria responden yakni seluruh warga Indonesia yang telah memiliki KTP atau berusia 17 tahun.

Pemilihan responden dilakukan secara acak atau multistage random sampling dengan metode penelitian dilakukan dengan wawancara secara tatap muka. Margin of error survei +/- 2,83% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Lembaga survei IPS melakukan simulasi atas capres Anies Baswedan berpasangan dengan calon wakil presiden (cawapres) AHY, Khofifah Indar Parawansa, Salim Segaf Al-Jufri, dan Ridwan Kamil. Para responden pun ditanyakan apakah suka atau tidak suka jika Anies dipasangkan dengan para tokoh tersebut.

Berikut ini hasil simulasinya:

Anies Baswedan-AHY
Suka: 49,5%
Kurang Suka: 31,5%
TT/TJ: 19%

Anies Baswedan-Khofifah Indar Parawansa
Suka: 22,4%
Kurang Suka: 51,4%
TT/TJ: 26,2%

Anies Baswedan-Salim Segaf Al-Jufri
Suka: 14,8%
Kurang Suka: 46,2%
TT/TJ: 39%

Anies Baswedan-Ridwan Kamil
Suka: 59,4%
Kurang Suka: 23,95
TT/TJ: 16,7%

Peneliti Senior IPS Alfin Sugianto menjelaskan temuan tersebut. Dia mengatakan pasangan Anies-AHY memang yang paling realistis, namun pasangan Anies-RK yang paling ideal menurut para responden.

"Kalau Anies-AHY merupakan pasangan yang paling realistis diusung oleh koalisi NasDem-PKS-Demokrat, maka Anies-RK sebagai yang paling ideal namun tak realistis karena keduanya tak mewakili satu partai pun dalam koalisi," kata Alfin saat memaparkan survei, Rabu (19/10/2022).

[Sumber: Detik]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Banner iklan disini