VIRAL Uji Pertalite Didapat Ron 86

Sebuah foto yang menunjukkan botol berisi bensin yang tengah diuji dengan sebuah alat ter VIRAL Uji Pertalite Didapat Ron 86
[PORTAL-ISLAM]  Sebuah foto yang menunjukkan botol berisi bensin yang tengah diuji dengan sebuah alat tersebar viral di media sosial Twitter. Botol tersebut diklaim berisikan BBM jenis pertalite. 

Sebuah akun Twitter bernama @yo2thok mengatakan pertalite yang seharusnya RON 90, saat diuji dengan alat tersebut ternyata hanya RON 86.

"Ini namanya perampokan dan aparat melempem seperti kerupuk kena air," tulisnya sebagai caption dari foto tersebut.

"Pertalite Sejatinya RON 90 faktanya hanya RON 86," imbuhnya. 

Tanggapan Pertamina

Menanggapi hal itu, Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan alat pengujian RON yang akurat harus mengacu kepada metode standar seperti ASTM RON method dimana seluruh proses pengujian dapat divalidasi dan alat yang digunakan selalu dikalibrasi.

"Pada gambar tersebut, Pertamina tidak dapat memastikan alat yang digunakan dalam pengujian RON. Jika alat yang digunakan tersebut adalah Oktan Analyzer Portable, alat tersebut juga harus terbukti sudah terkalibrasi menggunakan certified reference material secara berkala," katanya kepada CNNIndonesia.com, Sabtu (8/10/2022).

Ia mengatakan selama ini Lemigas juga sudah menguji 6 sample Pertalite di SPBU wilayah Jakarta.

"Seluruh sample menunjukkan hasil atau spek Pertalite masih sesuai dengan ketentuan Dirjen Migas No. 0486.K/10/DJM.S/2017 tentang Standar dan Mutu (Spesifikasi) BBM jenis bensin RON 90 yang dipasarkan di dalam negeri," katanya.

[CNN]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Banner iklan disini