Tiga Fathimah

 Ia adalah istri Abdul Muthalib yang ikut mengasuh Muhammad SAW kecil selepas wafatnya Ami Tiga Fathimah
Tiga Fathimah

Pertama, Fathimah binti Amr, nenek kandung Rosulullah SAW, ibunda Abdullah ayah Nabi. Ia adalah istri Abdul Muthalib yang ikut mengasuh Muhammad SAW kecil selepas wafatnya Aminah sang ibunda. Fathimah yang ini meninggal jauh sebelum kenabian, dua tahun lebih dahulu dari suaminya.

Kedua, Fathimah binti Asad, bibi Rosulullah. Beliau adalah istri Abu Tholib (paman Nabi) yang ikut mengasuh dan menjaga beliau hingga beliau menjadi Nabi. Saat hidup bersama Abu Tholib, Fathimah selalu mengutamakan Muhammad SAW kecil dibanding anak-anaknya. Fathimah yang ini masuk Islam setelah suaminya meninggal dunia dan ikut berhijrah serta meneruskan membela Rosul hingga wafatnya. Rosulullah sangat mencintai wanita ini. Salah satu riwayat menyebutkan saat Fathimah wafat, Rosulullah mengkafani jasadnya dengan baju beliau dan ikut masuk ke liang lahatnya untuk menguburkannya. 

Ketiga, Fathimah binti Muhammad, putri beliau. Bisa jadi karena terinspirasi dua Fathimah dalam hidupnya, Rosulullah menamai putri kesayangannya itu dengan Fathimah. Fathimah yang ini dinikahkan dengan sepupu Nabi, putra Fathimah binti Asad, yakni Ali bin Abu Tholib. Fathimah binti Muhammad wafat sekitar 6 bulan setelah wafat ayahnya.

Demikian sekilas info.

(Iqbal Fais)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Banner iklan disini