Untuk mendongkrak penumpang kereta cepat, pemerintah berencana menghapus trayek KA Argo Parahyangan? Ini reaksi warga Bandung

Bandung ditargetkan akan mulai beroperasi pada Juni Untuk mendongkrak penumpang kereta cepat, pemerintah berencana menghapus trayek KA Argo Parahyangan? Ini reaksi warga Bandung
[PORTAL-ISLAM] Kereta cepat Jakarta-Bandung ditargetkan akan mulai beroperasi pada Juni 2023.

Beredar kabar untuk mendongkrak penumpang kereta cepat, kereta api reguler Jakarta-Bandung, Argo Parahyangan dikabarkan akan dihentikan.

Dihentikannya kereta api Argo Parahyangan tersebut disebut-sebut untuk memastikan kelangsungan operasional KA cepat Jakarta-Bandung.

Jika dibandingkan dengan transportasi yang telah ada, kereta cepat Jakarta-Bandung diperkirakan akan sepi penumpang.

Diberhentikannya Argo Parahyangan disebut-sebut karena untuk memastikan kereta api cepat Jakarta-Bandung tetap mendapatkan penumpang.

"Tadi saya dapat berita bahwa kemungkinan besar kereta api Parahyangan akan ditutup untuk pindah ke KA cepat. Ini namanya (kalau terlalu keras) demi menyelamatkan China, rakyat Indonesia dipaksa untuk naik KA cepat dan menutup KA yang lebih murah bagi rakyat Indonesia," kata mantan sekretaris Kemnterian BUMN, Muhammad Said Didu.

"Untuk mendongkrak penumpang kereta cepat, pemerintah berencana menghapus trayek KA Argo Parahyangan. Bodohnya pemerintah berfikir bahwa publik tdk punya nalar sendiri, publik tdk akn beralih ke kereta cepat, mrk akn memilih travel Bandung Jakarta yg lumayan banyak & bagus2," kata salah seorang warga Bandung Gilang Mahesa di akun twitternya @giIangmahesa.

Klaim Pemerintah

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI buka suara mengenai kabar KA Argo Parahyangan dari Stasiun Gambir ke Stasiun Bandung dan arah sebaliknya akan ditutup seiring segera beroperasinya Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Berdasarkan informasi dari Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api, sejauh ini belum ada rencana menutup seluruh operasional KA Argo Parahyangan.

"Akan tetapi kemungkinan ada penyesuaian jumlah frekuensi perjalanan KA Argo Parahyangan dengan KCJB," tulis informasi dari Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api, dikutip pada Selasa (8/11/2022).

Senada, VP Public Relations KAI, Joni Martinus, mengatakan saat ini KA Argo Parahyangan tersebut masih beroperasi seperti biasa. Ia memastikan belum ada rencana menutup operasional KA Argo Parahyangan.

“KAI menegaskan bahwa sampai dengan saat ini perjalanan KA Argo Parahyangan (Gambir-Bandung PP) masih beroperasi seperti biasa. Adapun terkait isu tersebut (ditutup karena ada kereta cepat), kami sampaikan bahwa belum ada keputusan ke arah sana,” kata Joni kepada kumparan, Selasa (8/11/2022).

Meski begitu, Joni mengungkapkan pihaknya juga akan mendukung beroperasinya Kereta Cepat Jakarta Bandung. Menurutnya, kereta cepat tersebut bisa menjadi alternatif transportasi dari kedua wilayah tersebut.[kumparan]

*Kalimat "belum ada keputusan" itu berarti bisa saja nanti ada keputusan penghentian KA Argo Parahyangan, apalagi kalau ternyata nantinya Kereta Cepat benar-benar sepi penumpang. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Banner iklan disini