Harga Minyak Dunia Turun Terus, Harga BBM Pertalite Harusnya Cuma Rp 8.100

harga minyak mentah Brent pada perdagangan Jumat Harga Minyak Dunia Turun Terus, Harga BBM Pertalite Harusnya Cuma Rp 8.100
[PORTAL-ISLAM] Harga minyak dunia turun terus, harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite seharusnya cuma Rp 8.100.

Tercatat, harga minyak mentah Brent pada perdagangan Jumat (30/12/2022) atau hari terakhir perdagangan pada 2022 bertengger di level US$ 85,91 per barel.

Sementara, minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) dibanderol US$ 80,26 per barel.

Harga minyak saat ini sudah jauh menurun dibandingkan puncak tertingginya pada 8 Maret 2022 yang tercatat sebesar US$ 127,98 per barel.

Direktur Center of Economics and Law Studies (Celios), Bhima Yudhistira mengatakan alasan pemerintah memiliki ruang menurunkan harga BBM bersubsidi karena dari sisi pendapatan pajak dan penerimaan negara bukan pajak (PNBP) capaiannya sudah melebihi target.

Selain itu, berkah dari harga komoditas energi seperti minyak dan gas (migas) serta batubara cukup besar sepanjang 2022, sehingga bisa mendongkrak penerimaan.

Faktor lain, defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang semakin kecil pada tahun depan.

Yakni ditargetkan 2,84 persen dari produk domestik bruto (PDB), membuat alokasi dana subsidi yang belum terpakai bisa digunakan untuk menurunkan harga BBM.

Bhima menambahkan, idealnya harga BBM yang turun justru bisa mendorong perekonomian, laju usaha transportasi yang mulai naik paska Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dicabut.

"Jadi penurunan harga BBM merupakan stimulus yang ditunggu pelaku usaha dan konsumen," ucap Bhima, dikutip dari Kontan, (1/1/2023).

"Saya lihat juga jelang tahun politik dan pergerakan harga minyak yang lebih rendah pada 2023," sambungnya.

Dengan perkiraan harga minyak yang lebih rendah di 2023 tersebut, Bhima mengatakan, seharusnya pemerintah menurunkan harga BBM.

Problemnya, tarik ulur penurunan harga BBM ini jika tidak segera dilakukan maka pemerintah akan kehilangan momentum perputaran roda ekonomi.

Bhima pun mengatakan idealnya harga BBM jenis Pertalite bisa turun ke Rp 8.100 per liter dari harga saat ini yang sebesar Rp 10.000 per liter.

Sementara harga solar bisa turun ke Rp 5.000 dari harga saat ini yang sebesar Rp 6.800.

*Kemarin pemerintah hanya menurunkan BBM jenis Pertamax dari Rp 13.900 per liter menjadi rp 12.800 per liter mulai hari Selasa, 3 Januari 2023 pukul 14.00. 

(Sumber: MotorPlus)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Banner iklan disini
Tekan Tombol Close Untuk Menutup

Banner iklan disini